PEDON DAN POLIPEDON

0
77

Pengertian Pedon dan Polipedon

Pedon adalah tubuh asli tanah berdimensi tiga (real three dimensional body of soil) berupa profil tanah yang memperlihatkan semua horizon tanah yang ada dan saling keterkaitannya pada luasan 1-10 m2 dengan batas bawah berupa bidang permukaan yang kabur antara “tanah” dan “nontanah” (Darmawijaya, 1990). Singkatnya pedon adalah seareal tanah yang mempunyai karakter dan ciri yang relatif homogen.

Satu pedon mempunyai areal seluas 1-10 m2 tergantung viabilitas tanahnya. Suatu kawasan yang mempunyai banyak pedon yang berbeda disebut polipedon (pengganti istilah individu tanah) sehingga suatu bentang lahan merupakan kumpulan dari satu atau beberapa polipedon berbeda.

Konsep ini menurut Jhonson memenuhi sebagian besar persyaratan satuan tanah dasar yang ideal, antara lain adalah : (1) dapat diamati, diukur dan lengkap, (2) bebas dari semua sistem taksonomi, (3) dibatasi oleh batas-batas alam yang jelas, (4) cakupan areal pengkajian yang memberikan keleluasaan, dan (5) definisi yang tepat.

Namun untuk mendapatkan konfigurasi  permukaan tanah  yang tepat atau karakteristik suatu seri tanah yang normal, luasan pedon masih terlalu kecil. Untuk mengatasi masalah ini maka Simonson mengusulkan istilah polipedon untuk menghubungkan pedon dan sistem taksonomi tanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here