Pembagian Bunga

0
18

Belajar Biologi. Pada tumbuhan berbiji tertutup (Spermatophyta; Angiospermae), alat reproduksi generatif adalah perkembangan kuncup bunga kemudian menjadi organ bunga 

Pembagian bunga berdasarkan posisinya, bunga dapat terdapat di ujung batang atau cabang (terminalis) serta diketiak daun (axillaris atau lateralis).

Bunga pada tumbuhan dapat berjumlah satu disebut tumbuhan berbunga tunggal (planta uniflora) atau lebih dari satu disebut tumbuhan berbunga banyak (planta multiflora) yang dapat tersusun dalam susunan.

  • Tukal (glomelurus), jika bunga tumbuh pada buku batang dengan jumlah banyak, misalnya bunga  tukal pada sejenis herba (borreria laevis,, Rubiaceae)
  • Berkas (fasciculus), jika sejumlah bunga tumbuh pada satu titik tumbuh misalnya bunga randu alas (Salmalia malabarica) yang tumbuh pada bekas daun.
  • Dalam karangan yang disebut bunga majemuk (anthotaxis atau inflorescentia)

Pembagian bunga berdasarkan pada keberadaan bagian-bagian bunga tanpa memperhitungkan tangkai dan dasar bunga, bunga dapat dibedakan menjadi bunga lengkap dan bunga tidak lengkap.

  • Bunga lengkap atau sempurna (complete flower; flos completus) jika memiliki daun kelopak (sepaloid) dan daun mahkota (petaloid)
  • Bunga tidak lengkap atau tidak sempurna (incomplete flower) hanya memiliki salah satu unsur perhiasan bunga, yaitu daun kelopak atau mahkota saja.

Pembagian  bunga yang lain yaitu, bunga dapat juga disebut sempurna (perfect flower) apabila memiliki benang sari dan putik.

Bunga tidak sempurna (inperfect flower) adalah bila bunga hanya memiliki satu kelamin, dapat sebagai bunga jantan (stamina flower) atau bunga betina (pistilate flower). Jadi bunga bersifat uniseksual (unisex),

Pembagian bunga bila dilihat  pada jenis (spesies) tumbuhan berdasarkan distribusi bunga jantan dan betina terbagi atas:
  • Berumah satu (monoecus), apabila dalam suatu populasi 
    jenis tumbuhan setiap individunya dengan bunga banci atau
    setidaknya individu memiliki bunga jantan dan betina walaupun terpisah posisinya misalnya tanaman jagung (Zea mays; Poaceae).
  • Berumah dua (diecus), apabila di dalam  populasi suatu jenis tumbuhan dijumpai adanya individu berkelamin jantan dan betina, misal pada tanaman salak (Zallaca edulis; Arecaceae).
  • Poligami (Polygamus), apabila di dalam  populasi suatu jenis tumbuhan dijumpai adanya individu jantan, betina, banci, misalnya pada pepaya (Carica papaya; Caricaceae).
pembagian bunga : bunga mawar
Bunga mawar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here