Reaksi Uji Protein

0
40
Reaksi Uji Protein
A. Percobaan berdasarkan reaksi warna:
1) Percobaan kadar-N
Kapur natron, yaitu campuran NaOH dan Ca(OH)2 dalam tabung reaksi dengan larutan protein dipanaskan. Keluarlah Amoniak dan Amina.Lakmus merah yang dibasahi menjadi biru (Kusnawidjaja, 1993)
2) Reaksi Xantoprotein
Larutan asam nitrat pekat ditambahkan dengan hati-hati ke dalam larutan protein. Setelah dicampur terjadi pengendapan putih yang dapat berubah menjadikuning apabila dipanaskan.. reaksi yang terjadi ialah nitrasi pada inti Benzen yang terdapata pada molekul protein. Jadi, reaksi inipositif untuk protein, fenilalanin dan triptofan. Kulit kita bila kena asam nitrat berwarna kuning, itu juga karena terjadi reaksi xantoprotein ini (Kusnawidjaja, 1993).
3) Reaksi Millon
Pereaksi Millon adalah larutan merkuro dan merkuri nitrat dalamasam nitrat.apabila pereaksi ini ditambahkan pada larutan protein, akan menghasilkan endapan putih yang dapat berubah menjadi merah oleh pemanasan. Pada dasarnya reaksi ini positif untuk fenol-fenol, karena terbentuknya senyawa merkuri dengan gugus hidroksifenil yang berwarna. Protein yang mengandung tirosin akan memberikan reaksi positif (Riawan, 1990).
4) Reaksi Biuret
Berlaku untuk senyawaan yang mempunyai jumlah ikatan peptida > 1. Reaksi ini dapat dipakai untuk penentuan protein secara kualitatif dan kuantitatif (Riawan, 1990).
Pengendapan Protein:
Zat putih telur (protein) jika dalam larutan berupa sebuah koloid, sebab tergolong molekul koloid. Dapat diendapkan oleh beberapa zat, sehingga terjadi reaksi-reaksi kimia, maupun koloid (dispersi). Bisa berkedudukan sebagai emulsi (reversible) atau endapan (irreversible). Larutan protein terdiri atas albumin dan globulin (Kusnawidjaja, 1993).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here