Apa itu Kelenjar Adrenal

0
97

Belajar biologi

Kelenjar adrenal

Kelenjar adrenal terletak di atas ginjal (ad artinya dekat dan renal artinya ginjal). Bentuknya mendekati segitiga dan beratnya sekitar 4 gram (sebesar jempol tangan orang).

Kelenjar adrenal terbagi menjadi dua daerah yakni kortek atau lapisan luar, dan medulla, atau lapisan dalam. Selama perkembangan embrional, dua populasi sel terpisah bermigrasi ke daerah dekat ginjal dan membentuk kelenjar adrenal.

Satu populasi sel berasal dari jaringan saraf dan membentuk medulla adrenal. Lapisan luar sel membentuk kortek adrenal, yang dikontrol oleh hormon dari kelenjar hipofisis anterior.

Medulla aderenal mensekresikan epinefrin (adrenalin) dan norepinephrin (noradrenalin). Hormon-hormon ini dibebaskan selama periode stres menyebabkan respon yang dikenal dengan fight or flight.

Kelenjar adrenal mensekresikan empat kelompok steroid yang dikenal sebagai kortkosteroid: estrogen (hormon kelamin betina), androgen (hormon kelamin pria), glukortikoid dan mineralkortikoid.

Dibebaskan pada waktu stres, glukortikoid meningkatkan kadar glukosa darah, menurunkan inflamasi dan memperlambat penyembuhan. Minerakortikoid bekerja pada ginjal meningkatkan penyerapan natrium dan reabsorbsi air.

kelenjar adrenal pada ginjal
kelenjar adrenal pada ginjal
 
bagian kelenjar adrenal
bagian kelenjar adrenal

Sekian tulisan kami tentang apa itu kelenjar Adrenal, saya harap anda dapat menyimak dengan baik