Apa itu Kelenjar Pinealis

0
124

Belajar Biologi

Kelenjar Pinealis

Kelenjar pinealis, suatu struktur sekitar ukuran kacang tanah, terletak sedikit di atas dan di belakang.

Kelenjar pineal menerima informasi melalui talamus dari mata tentang siklus gelap dan terang. Ini melibatkan perilaku ritmik, seperti siklus tidur pada manusia, namun pada hewan lebih rumit.

Misalnya kelenjar pinealis sangat krusial dalam membantu burung menentukan apakah ia harus terbang ke arah selatan selama musim dingin.

Kelenjar pineal mensekresikan hormon melatonin, suatu modifikasi asam amino yang berasal dari neurotransmitter serotonin. Melatonin dibebaskan di malam hari dan bekerja di dalam otak mempengaruhi siklus perilaku.

Selama musim dingin, lamanya periode gelap akan meningkat sehingga lebih banyak melatonin yang akan dibebaskan. Pembebasan ini menghubungkan siklus harian dengan siklus musiman.

Namun manusia tidak memiliki perilaku musiman seperti hewan yang dihasilkan pada waktu tertentu dalam setahun. Signifikansi melatonin dan kelenjar pinealis pada manusia tidak.

Banyak orang percaya bahwa tubuh menghasilkan sedikit melatonin sejalan dengan umur dan ini merupakan salah satu yang menyebabkan proses penuaan.

Beberapa orang melakukan pengobatan jetlag melawan melatonin dan insomnia sebab ini akan membantu mengatur siklus bangun dan siklus tidur (ritme sinkardian).

kelenjar pinealis

 

kelenjar pinealis
 

Ilmuwan masih kurang yakin untuk saat ini tentang kadar melatonin yang terlibat dalam Seasonal Affective Disorder (SAD), suatu kondisi yang bisa mengurangi tenaga.

Untuk sebagain orang berkurangnya jumlah waktu terang selama musim dingin menghasilkan penyediaan karbohidrat dan menyebabkan kelesuan dan terkadang terjadi depresi.

SAD dapat diobati menggunakan cara pemaparan penderita pada cahaya yang spektrumnya ditingkatkan-cahaya yang memiliki semua panjang gelombang sinar matahari (merah sampai violet).

Cahaya buatan reguler tak memiliki semua panjang gelombang ini. Beberapa individu bisa diberi melatonin dan anti depresan.