Apa itu Kelenjar Tiroid dan Paratiroid

0
140

Kelenjar tiroid

Kelenjar tiroid merupakan struktur yang bentuknya seperti kupu-kupu dan terletak di depan trakhea, antara laring dan titik di ujung tulang rusuk. Kelenjar Tiroid mensekresikan tiga hormon : Triidotironin (T3); tetaraidotironin, atau tiroksin (T4), dan kalsitonin.

Triidotironin dan tiroksin yang secara kolektif disebut hormon tiroid sangat mirip dalam struktur dan kerjanya. Keduanya berasal dari asam amino tirosin. Triidotironin memiliki tiga atom iodine, dan kalsitonin memiliki empat.

Bila dalam diet tak cukup iodine, maka kelenjar tiroid tidak bisa menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah cukup .

Selanjutnya kelenjar akan membesar menyebabkan pembengkakan yang tampak di leher depan disebut goiter / gondok.

Gangguan ini secar virtual dapat dieliminasi dengan penambahan iodine ke garam dapur.

kelenjar tiroid dan paratiroid
kelenjar tiroid

Hormon Triidotironin dan hormon tiroksin bekerja pada hampir seluruh jaringan tubuh namun Hormon Tridotironin tampaknya lebih berikatan dengan reseptor target yang ada di nukleus sel dimana ia dapat secara lansung mempengaruhi gen.

Aksi primer hormon tiroid adalah meningkatkan laju metabolisme. Orang dengan kadar tiroid yang rendah cenderung merasa dingin, lesu dan mudah bertambah berat badannya.

Hormon tiroid juga berperan kritis dalam pertumbuhan dan perkembangan. Bayi dengan defiensi tiroid akan mengalami keterlambatan mental dan kondisi yang disebut kretinisme. 

Hormon kalsitonin menurunkan kadar kalsium darah dengan bekerja pada tulang serta ginjal. Kalsium dibuang dari darah dan disimpan di dalam tulang. Ginjal mengurangi jumlah kalsium dan mengembalikan serta membiarkan dieskresikan lebih banyak melalui urin.

Kelenjar paratiroid 

Kelenjar paratiroid adalah massa jaringan kecil yang terikat di bagian belakang kelenjar tiroid. Kelenjar paratiroid ini mensekresikan hormon paratiroid (PTH), juga disebut parathormon.

PTH meningkatkan kadar kalsium darah dengan menstimulasi pembebasannya dari tulang dan menstimulasi asupannya oleh ginjal dan intestinum. Efeknya bertolak belakang dengan hormon kalsitonin

kelenjar tiroid dan paratiroid
kelenjar tiroid dan paratiroid

Sekian  tulisan saya tentang apa itu kelenjar tiroid dan kelenjar paratiroid. Saya harap pembaca dapat menyimak dengan baik
baca juga tulisan dibawah  ini yang berhubungan dengan sistem hormon