Epinefrin dan Norepinefrin

0
91

Belajar Biologi

Apa itu Epinefrin dan Norepinefrin ?

epinefrin dan norepinefrin

Epinefrin dan norepinefrin adalah molekul yang sama dan memiliki kerja yang sama. Epinefrin dan norepinefrin tersusun dari asam amino tirosin pada sel-sel saraf tertentu dan dalam medulla adrenal.

Kedua hormon ini bekerja pada reseptor yang disebut adrenergik yang terletak diseluruh tubuh. Reseptor ini dibagi menjadi dua kelompok: alfa (a) dan beta. Kebanyakan organ memiliki dua tipe reseptor ini namun salah satu tipe biasanya lebih banyak. Reseptor alfa menyebabkan arteri berkonstriksi dan meningkatkan tekanan darah.

struktur kimiawi epinefrin dan norepinephrin

Epinefrin dan norepinefrin juga menyebabkan otot usus halus relaksasi dan dilatasi pupil mata . Pada organ jantung dan pipa bronkiolus paru-paru dapat ditemukan reseptor beta yang lebih banyak . Norepinefrin memiliki afinitas yang lebih tinggi dibanding alfa dan epinefrin tampak lebih menyukai melekat ke reseptor beta.

efek epinefrin

 

Setiap organ dapat merespon situasi khusus tergantung pada apakah reseptor yang mendominasi alfa atau beta dan apakah organ lebih banyak menerima epinefrin atau norepinefrin. Sebagai patokan umum, norepinefrin sepertinya lebih banyak dibebaskan oleh sistem saraf, sedangkan medulla adrenal membebaskan epinefrin 4 kali lipat dibandingkan norepinefrin.

Epinefrin adalah hormon utama yang dibebaskan oleh medulla adrenal dalam merespon stres. Respon fight-flight dapat disebabkan oleh sirkulasi epinefrin diseluruh tubuh seperti yang dideskrisikan oleh Cannon.

Tubuh mempersiapkan apakah akan menghadapi stres atau harus menghindari atau lari. Jumlah denyut jantung permenit akan meningkat dan kontraksi jantung akan makin kuat, memompa lebih banyak darah pada tiap denyutnya.

Bronkhiolus paru berdilatasi, memungkinkan lebih banyak udara yang bisa memasuki paru. Hal ini dilakukan agar lebih banyak oksigen dikirimkan ke aliran darah saat otot bekerja, sehingga aliran darah ke paru dan otot ditingkatkan.

produk epinefrin