Homeostasis pada Manusia

0
107

Apa itu Homeostasis?

Belajarbiologi. Saat tubuh memerlukan lingkungan tertentu agar bisa bertahan hidup dan berfungsi dengan baik. Lingkungan dapat kita artikan sebagai cairan yang mengelilingi tiap sel.

Cairan ini disebut sebagai cairan interstitial (‘”dalam ruang-ruang”), atau cairan ekstraseluler sebab ada di luar sel (extra berasal dari bahasa latin yang artinya diluar).

Cairan ini utamanya terdiri dari air dan mengandung substansi terlaru seperti sodium, glukosa, kalsium, dan protein. Cairan interstitial berasal dari plasma darah dan dikembalikan plasma darah juga saat bersirkulasi di seluruh tubuh.

Tubuh harus memelihara kondisi suhu mendekati konstan, demikian juga pH dan konsentrasi glukosa, natrium, dan kalsium dalam cairan ini, sebab kaku tidak sel akan terganggu. Proses dinamis dalam  memelihara lingkungan agar konstan disebut homestasis.

Homeostasis secara tipikal dicapai melalui proses yang disebut umpan balik negatif. Proses ini memiliki tiga komponen utama: Detektor kesalahan, kontrol atau sistem komunikasi dan mekanisme koreksi.

Kontrol suhu ruangan menggunakan termostat adalah contoh sistem umpan balik negatif yang ada. Untuk lebih memahami tentang homestasis anda harus melihat bagaimana cara termostat atau AC dalam bekerja.

Pada AC apabila suhu AC di kontrol pada suhu 23 C, maka apabila terjadi penambahan suhu karena bertambahnya orang pada ruangan, maka AC secara otomatis akan menambah daya yang dia butuhkan untuk mengurangi suhu menjadi kembali ke 23 C, sebaliknya apabila suhu bertambah dingin dalam ruangan karena pengaruh lingkungan, maka AC akan mati atau mengatur kecepatan kerjanya untuk menstabilkan suhu ke 23 C.

AC untuk menggambar homestasis
Dalam homeostasis terjadi kerja sama yang erat antara sistem sraf dan sistem endokrin. Hal ini dibutuhkan dalam mengontrol sistem umpan balik negatif. Hubungan antara insulin dan glukosa darah merupakan salah satu contoh fungsi sistem endokrin dalam homeostasis.
homeostasis besi
homeostasis zat besi

 

homeostasis kalsium