MORFOLOGI BULU BABI ECHINOIDEA

0
173

MORFOLOGI BULU BABI

Berbeda dengan bintang laut dan bintang ular, bulu babi (Echinoidea) tidak mempunyai lengan. Tubuh bulu babi umumnya berbentuk agak bulat  laut.mulut treletak dibawah seperti bola dengan cangkang yang keras berkapur dan dipenuhi duri-duri.

Duri-duri terletak berderet dalam garis-garis membujur dan dapat digerakkan. Duri dan kaki tabungnya digunakan untuk bergerak merayap didasar  laut.

Mulut terletak di bawah menghadap ke dasar laut sedangkan anusnya menghadap ke dasar laut sedangkan anusnya menghadap ke atas di puncak bulatan cangkang.

Mulut dan gigi merapat jadi satu, dilekatkan oleh suatu bagian dari kapur, membentuk struktur yang dikenal sebagai rentera asistoteles.
 Salah satu jenis bulu babi yang sangat umum dijumpai di Indonesia adalah Diadema setosum.

Seluruh tubuh berwanta hitam dengan duri-duri yang panjang, hidup di daerah karang  dan pasang surut, memakan alga dan partikel organic. Membentuk koloni untuk mempertahankan diri dan memudahkan proses fertelisasi.

 
morfologi bulu babi echinoidea
morfologi bulu babi Echinoidea
 
 

 

morfologi bulu babi echinoidea 1
morfologi bulu babi Echinoidea bulu tercabut
 

ANATOMI BULU BABI

Tubuh bulu babi memiliki satu rongga utama yang berisi lantera aristoteles dan organ pencernaan.

Lentera aristoteles terdiri dari lima buah gigi yang disatukan oleh suatu substansi berkapur dan dikelilingi oleh otot pengulur dan penarik. Otot-otot ini berperan mengatur pergerakan gigi.

Lentera aristoteles berfungsi seperti mulut dan gigi yan g bertugas mengambil, memotong dan menghaluskan makanan. Esophagus, usus halus, usus besar dan anus tersusun melingkari rentera aristoteles membentuk suatu system pencernaan.

Pada bulu babi, kaki tabung memiliki banyak fungsi. Selain untuk bergerak, kaki tabung juga digunakan sebagai indera peraba, organ resoirasi dan tempat pengeluaran air dari tubuh.

Air masuk melalui madreporit menuju saluran batu dan keluar melalui saluran pada kaki tabung.

Sistem peredaran darah dan ekskresi pada bulu babi tidak dijumpai. Sistem syaraf dan reproduksi masih sederhana. Kelamin terpisah. Gonad melekat pada disisi atas rongga tubuh. Sperma dan telur dilepas langsung keperairan yang selanjutnya membentuk zigot melalui fertelisasi eksternal.

anatomi morfologi bulu babi echinoidea
anatomi bulu babi Echinoidea