Motilitas Bakteri

0
27

Belajarbiologi 

Motilitas Bakteri

Motilitas adalah kemampuan bergerak atau berpindah tempat. Motilitas bakteri umumnya secara pasif. Pasif yang dimaksudkan adalah hanya mampu merubah posisi tubuh dan sedikit berpengaruh dalam hal pergerakan. Perubahan posisi tubuh ini berperan dalam arah pembelahan bakteri itu sendiri.

Adapun bakteri yang mampu bergerak secara aktif dikarenakan dalam keadaan tertentu ataupun untuk bakteri tertentu membentuk rambut-rambut plasma yang memungkinkan bakteri untuk bergerak secara aktif dalam medium cair.

Rambut-rambut plasma yang dibentuk oleh bakteri sering disebut bulu cambuk atau flagel, yang jumlah dan letaknya berbeda-beda. 

Pembagian bakteri berdasarkan flagelnya antara lain:

Monotrik, yaitu bakteri yang memiliki satu bulu cambuk pada salah satu kutub pada selnya. 

Subpolar, apabila bakteri memiliki 1 flagel pada masing-masing kutubnya sehingga terdapat 1 flagel pada kedua sisi bakteri.

Lofotrik, sesuai dengan namanya, apabila bakteri memiliki seberkas flagel pada salah satu kutubnya. 

Peritrik, yaitu apabila pada dinding sel bakteri terdapat flagel yang muncul kesegalah arah. Sehingga pada bakteri jenis peritrik ini memiliki morfologi kasar seperti rambutan.

flagel bakteri
pembagian berdasarkan flagel

Hal yang harus diperhatikan adalah pembentukan flagel hanya terjadi dalam tingkat tertentu dalam daur hidup bakteri.

Sehingga, dalam hal pembagian jenis bakteri berdasarkan motilitas bakteri tidaklah cocok, hal ini dikarenakan pada fase lain, bakteri tidak mempunyai flagel dan tidak dapat bergerak secara aktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here