Organ Reproduksi : Vas Deferens dan Vesikula Seminalis

0
200

Vas Deferens dan Vesikula seminalis

Vas deferens merupakan lanjutan langsung dari epididimis.Struktur ini mempunyai panjang 45 cm yang berawal dari ujung bawah epididimis kemudian naik di sepanjang aspek posterior testis dalam bentuk gulungan-gulungan bebas.
Setelah meninggalkan bagian belakang testis, vas deferens melewati korda spermatika menuju abdomen .
Vas deferens dabat teraba sebagai tali yang keras pada aspek posterior korda spermatika saat melewati skrotum menuju cincin inguinalis superfisial. Setelah masuk kedalam abdomen vas deferens melengkung ke arah medial menyilang arteri di iliaka ekterna menuju pelvis.
Dari sana, vas deferens menyilang saraf dan pembuluh darah obturator dan pembuluh vesikular.
Vas deferens kemudian menyilang ureter untuk menuju duktus vesikula seminalis. Vas deferens dan duktus vesikula seminalis bersama-sama membentuk duktus ejakulatoris yang bermuara pada uretra bagian prostat. Duktus ejakulatoris berukuran pendek (2,5 cm) dan berada sangat dekat dengan duktus kontralateral nya saat menuju bagian depan melalui prostat.

Vesikula seminalis merupakan sepasang struktur berongga dan berkantung kantung pada dasar kandung kemih di depan rektum. Masing-masing vesikula memiliki panjang 5 cm dan menempel lebih erat pada kandung kemih dibanding kan pada rektum. Selama perkembangan embrional, vesikula seminalis merupakan divertikel dari vas deferens. Struktur-struktur ini saling berbagi pasokan limfe dan darah.

Alveoli pada vesikula seminalis dibatasi pada epitel lurik semu yang mengandung banyak granula dan gumpalan pigmen kuning. Beberapa sel epitel memiliki flagela. Sekret vesikula seminalis berupa cairan kental berwarna kekuningan yang mengandung globulin dan fruktos Sekret ini merupakan sebagian besar isi ejakulat.

Pasokan darah ke vas deferens dan vesikula seminalis terutama berasal dari arteri vesikularis inferior. Arteri tersebut berjalan bersama vas deferens menuju skrotum dan disana akan beranastomosis dengan arteri testikular. Aliran limfatik berjalan menuju ke nodus iliaka interna dan eksterna.

Vas deferens berfungsi mengalirkan sperma. Vesikula seminali memproduksi kurang lebih 50-60 % dari total volume cairan semen. Komponen penting pada semen yang berasal dari vesikula seminalis adalah fruktosa dan prostaglandin.