OVARIUM WANITA DAN OVULASI

0
28

Ovarium Wanita

Ovarium memiliki dua fungsi yaitu untuk produksi sel germinal dan biosintesis hormon steroid. Penunjang sel germinal pada ovarium terdapat pada struktur mikroskopik yang dikenal sebagai folikel ovarium. Masing masing folikel yang berada dalam keadaan istirahat mengandung oosit primordial atau primitif yang dikelilingi oleh selapis sel, yaitu sel granulosa.

Di sekitar sel-sel granulosa terdapat sekelompok sel yang disebut sel teka. Sel teka memproduksi androgen yang kemudian dikonversi menjadi estrogen oleh sel sel granulosa pada ovarium.

Hormon steroid yang diproduksi oleh ovarium bekerja di dalam folikel untuk menunjang oosit yang sedang berkembang dan diluar ovarium pada jaringan target.

ovarium wanita
ovarium wanita

Ovarium manusia mengandung 2 juta oosit pada saat lahir, namun hanya berjumlah 100.000 sel telur (oosit) saat pubertas.

Jumlah oosit semakin berkurang selama masa kehidupan reproduksi wanita. Pengurangan ini terjadi di tengah jalan selama masa janin dan tidak berlanjut.

Saat mitosis berhenti, oosit yang baru berbentuk masuk tahap profase dari pembelahan meiosis pertama.

Oosit ini akan tetap berada pada tahap profase meiosis sampai mereka distimulasi dan menjadi matang untuk ovulasi atau berdegenerasi yang disebut atresia.

ovarium wanita 2
ovarium wanita 2

Folikel-folikel primordial tersebar sedikit di bawah kapsul jaringan ikat yang membungkus ovarium.

Letak yang superfisial ini memungkinan ovulasi ke dalam rongga abdomen. Tanda awal pertumbuhan folikel adalah :

1. Penambahan ukuran oosit.
2. Perubahan bentuk sel granulosa yang mengelilingi dari bentuk dapat menjadi kuboid
3. Peningkatan jumlah sel granulosa
4. Terdapatnya zona pelusida di sekitar oosit.

Zona pelusida merupakan matriks protein gelatinosa yang mengelilingi oosit. Setelah pertumbuhan sel granulosa telah memproduksi 3-4 lapis sel, cairan mulai mengumpul di antara sel.
Cairan masuk ke dalam plasma darah yang mengandung konsentrasi tinggi beberapa protein dan hormon steroid.
Saat cairan folikel ini berakumulasi di sekitar oosit. Folikel ini disebut folikel de Graaf dan mendeteksi ovulasi. Walaupun terdapat 20 folikel yang matang pada setiap siklus, biasanya hanya satu yang berhasil mengalami ovulasi. 

OVULASI

 

Ovulasi adalah ekspulsi / pengeluaran telur melalui daerah yang tipis yang disebut stigma.

Stigma dapat dilihat dengan mata telanjang menyerupai “lepuhan” pada permukaan ovarium. Setelah oosit dilepaskan, folikel menjadi kolaps dan sel granulosa berproliferasi untuk mengisi celah yang tersisa akibat oosit dan cairan folikel yang dilepaskan.

Folikel-folikel ini mengalami perubahan yang hebat menjadi sel yang padat dan aktif secara endokrinologi yang disebut sebagai sel lutein.

Sel lutein ini menghasilkan pigmen kuning dan struktur yang mengandung sel-sel ini disebut sebagai korpus luteum atau badan kuning.

Selama pembentukan korpus luteum, pembuluh darah menembus membran basal folikel.

Video tentang ovarium dan sistem reproduksi wanita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here