PEMBAGIAN FILUM ARTHROPODA

0
114

Filum Arthropoda

Filum Arthropoda dan annelida, bersama dengan onychophora dan tardigrada, telah lama diteliti bahwa memiliki kekerabatan evolusi, dan banyak bukti yang dapat disimpulkan bahwa empat filum ini berada pada satu Clade yang berpisah dari salah satu nenek moyan masa precambria.

Kemiripan antara annelida dan arthropoda digambarkan paling dekat pada metamerisme tubuhnya, perkembangan embrio, dan skema sistem saraf yang ada. Perbedaan besar antara dua filum ialah berkembangnya eksoskeleton atau rangka luar yang kaku pada arthropoda, yang akhirnya mengarah ke evolusi hemocoel terbuka dan pembungkus kulit yang bersendi.

Contoh dari grup filum arthropoda digambarkan pada gambar di bawah ini
 
Morfologi dan contoh anggota Filum Arthropoda
 
 Pembagian filum arthropoda

Beberapa dari keunikan filum arthropoda adalah ditemukannya synapomorfi yang nyata;

Hal ini juga terjadi pada taksa yang berhubungan seperti onychophora, tardigrad dan bahkan annelida, dan symplesiomorfi yang ada pada bauplan arthropoda.

Filum arthropoda terbagi atas 5 subfilum yaitu : Trilobitomorpha (trilobite dan kerabatnya, dan kepunahan Paleozoik, crustacea (Kepiting, udang dan lain-lain), heksapoda (serangga dan kerabatnya), Myriapoda (centipede, milipede, dan kerabatnya), dan Cheliceriformes (Kepiting tapal kuda/ Kepiting horseshoes, Eurypteris, Arachnida, Pycnogonida).

Myriapoda dan Crustacea yang grup monophyletik, bahkan pada kedua kasus yang masih belum. Hubungan Filogenetik terdiri dari 5 grup yang akhirnya masih belum selesai.

Karakteristik Umum

Filum Arthropoda berdasarkan bahasa terdiri atas dua kata yaitu Arthron yang berarti segmen/ruas  dan poda adalah kaki.

Anggota dari filum Arthropoda ini merupakan hewan yang kakinya bersegmen-segmen, tubuhnya simetris bilateral yang juga biasanya terdiri dari sederatan segmen.

Pada setiap segmen atau beberapa segmen terdapat sepasang appendage / embelan (bagian tubuh yang menonjol dan mempunyai ujung bebas misalnya anggota tubuh).

Terdapat rangka luar dari kitin yang fleksibel untuk memudahkan pergerakan bagian segmen tubuhnya.

Sistem saraf pada filum Arthropoda memiliki kemiripan dengan sistem saraf annelida. Selain sistem saraf banyak hal-hal lain yang mempunyai sifat-sifat yang sama dengan filum annelida. Misalnya anggota gerak, alat ekskresi, sehingga dianggap filum arthropoda berkerabat dengan filum annelida.

Umumnya filum Arthropoda memiliki mata majemuk, suatu tipe organ penglihatan yang berbeda dengan invertebrata atau vertebrata lainnya.

Pada beberapa literatur, Arthropoda dapat dibagi menjadi 6 kelas yaitu (Rusyana, 2011):

2. Onychophora
4. Chilopoda
5. Diplopoda
 
Tetapi kadang-kadang kelas Chilopoda dan Diplopoda dimasukkan kedalam satu kelas yaitu Myriapoda.