Penyakit Menular Seksual : Klamidia

0
71

Klamidia

Kali ini belajarbiologi akan menjelaskan tentang infeksi klamidia. Klamidia disebabkan oleh Chlamydia trachomatis (CT).

Klamidia memiliki akses ke dalam tubuh melalui invasi pada sel-sel epitel endoserviks, uretra, endometrium, tuba Fallopii, rektum, dan konjungtiva yang sama pada infeksi gonorea. Infeksi pada pria relatif asimtomatik dan memiliki tingkat kematian yang rendah.

Akibat utama dari infeksi klamidia pada pria adalah risiko penularan pada wanita pasangannya. Pada wanita, infeksi gonorea dan klamidia dapat menyebabkan Penyakit peradangan pelvis, nyeri kronik, infertilitas, dan kehamilan ektopik.

Terdapat risiko pada bayi baru lahur untuk terinfeksi gonorea atau klamidia dari jalan lahir.

Perbedaan klinis yang paling besar antara infeksi Gonorea dan klamidia pada wanita adalalah bahwa penyakit peradangan pelvis akibat klamidia merupakan bahaya kesehatan masyarakat utama karena berpotensi menyebabkan kerusakan serius yang tidak disadari pada saluran reproduksi bagian atas wanita.

Chlamydia trachomatis merupakan penyakit menular seksual paling sering terjadi di Amerika Serikat dan Eropa. Klamidia merupakan bakteri yang unik. Seperti virus, bakteri ini merupakan parasit obligat intrasel dan hanya dapat diperbanyak pada kultur sel.

Klamidia menyebabkan sekitar 50 % kasus uretritis non gonorea pada pria. Pada wanita, klamidia dapat menyebabkan servisitis mukopurulen dan sindrom uretral.

Pada sindrom uretral, nyeri saat berkemih berhubungan dengan adanya sel darah putih, namun bukan bakteri, pada urin.

Tidak seperti gonorea, infeksi klamidia pada saluran genitalia bagian atas sering menginfeksi endometrium tanpa menyebabkan tanda-tanda penyakit peradangan pelvis yang jelas.

Infeksi subklinis seperti itu mungkin pertama kali dikenali sebagai diagnosis akibat infertilitas atau kehamilan ektopik.

Beberapa strain klamidia menyebabkan kelainan unik yang dikenal sebagai limfogranuloma venereum (LGV), suatu penyakit kronik seperti sifilis yang memiliki 3 stadium klinis.

Lesi primer pada LGV berukuran kecil, berupa papul yang tidak jelas pada genitalia dan dengan cepat dan diam-diam menghilang. Stadium sekunder pada LGV ditandai oleh demam, malaise, dan limfadenitis akut pada daerah inguinal (pembentukan bubo= sindrom inguinal) dan atau proktitis hemoragik akut (sindrom anogenitorektal).

Mayoritas penyakit klamidia akan sembuh tidak sempurna dari stadium sekunder ini.

Pada beberapa penyakit yang tidak beruntung, klamidia menetap pada jaringan anogenital dan menyebabkan respons peradangan kronik yang dapat menimbulkan ulkus, fistula, dan striktur pada saluran genitalia. LGV merupakan endemik di banyak negara belum berkembang namun bersifat sporadik di AS dan Eropa.

Neonatus (anak baru lahir) yang terpapar klamidia pada jalan lahir dapat mengalami pneumonia afebril atau konjungtivis yang dapat berlanjut menjadi kebutaan.

Tidap seperti gonorea, klamidia membutuhkan pengobatan jangka panjang untuk mengerakdikasi kumpulan bakteri intraselular.

Karena infeksi gonorea dan klamidia sering terjadi bersamaan, maka mayoritas regimen terapi dari satu antibiotik unuk gonorea dan lainnya untuk klamidia. Resistensi antibiotik yang sebenarnya jarang ditemukan pada penderita infeksi klamidia.

Infeksi klamidia merupakan penyakit orang muda. Faktor risiko tambahan terhadap infeksi klamidia antara lain status sosioekonomi yang rendah, pasangan seks yang berganti-ganti, dan penggunaan kontrasepsi oral.

Metode kontrasepsi penghalang (kondom, diafragma dengan spermisida) dapat menurunkan risiko penyakit infeksi klamidia.

Secara struktural klamidia merupakan mikroorganisme yang kompleks. Seperti virus, klamidia merupakan parasit obligat intraselular. Klamidia digolongkan sebagai bakteri karena mengandung DNA dan RNA.

Seperti bakteri gram negatif, mereka protein membran luar dan lipopolisakarida (LPS). Klamidia berbeda dari semua bakteri lainnya karena siklus pertumbuhannya ditandai oleh adanya transformasi menjadi dua bentuk yang berbeda: Badan elementer (elementary body, EB) dan badan retikular (reticulate body, RB).

Video tentang Penyakit menular seksual Klamidia