Phytoplankton dan Zooplankton

0
258

Phytoplankton (Fitoplankton)

Phytoplankton atau fitoplankton merupakan tumbuhan laut mikroskopis yang bebas melayang dan hanyut dalam air serta mampu berfotosintesis. Fitoplankton yang berukuran cukup besar dan tertangkap oleh jaring plankton (plankto net) umumnya terdiri dari dua kelompok besar, yaitu : Diatomae dan dinoflagellata

Diatomae berbentuk seperti kotak gelas yang tidak memiliki alat gerak.

Kotak gelas memuat protoplasma. Terdiri atas dua katup (frustula) berbahan silicon dioksida. Kotak bagian atas yang lebih besar disebut ephiteca dan kotak bagian bawah disebut hipotheca.

Dua katup diatomae dihubungkan oleh sabuk (girdle) dan memiliki celah (raphe) untuk pertukaran hasil metabolik.

Dinoflagellata dicirikan dengan sepasang flagellate yang berfungsi sebagai alat gerak dalam air. Dinoflagellata tidak mempunyai kerangka luar yang terbuat dari silicon, tetapi sering mempunyai sejenis baju zirah berupa lempeng silikon.

Fitoplankton merupakan produsen primer utama di lautan dan meduduki posisi dasar dalam piramida makanan.

Jenis-Jenis Fitoplankton
Jenis-Jenis Fitoplankton

 
ZOOPLANKTON

Zooplankton merupakan hewan mikroskopis yang telah memiliki alat gerak sederhana. Menurut daur hidup zooplankton terbagi atas megaplankton, makroplankton, mikroplankton, nanoplankton dan ultraplankton.

Kopepoda merupakan zooplankton yang paling dominan. Selain itu masih banyak jenis lainnya yang merupakan larva dan bentuk dewasa dari berbagai phylum (filum).

Zooplankton termasuk konsumen tingkat pertama dan umumnya melakukan migrasi vertikal (bergerak naik turun) untuk menghindari cahaya matahari yang terlalu kuat.

Jenis-jenis zooplankton
Jenis-jenis zooplankton