Rambut dan Rontoknya Rambut

0
60

Apa saja jenis rambut yang ada?

Jenis rambut ditentukan oleh folikel rambut. Folikel adalah wadah atau cekungan yang menahan rambut. Pembuluh halus dibawah folikel memasok makanan bagi rambut. Kelenjar di sekitarnya mensekresi campuran lemak (disebut sebum) yang membuat rambut tetap berkilau dan tanah air.

Hormon pria atau androgen mengatur pertumbuhan rambut. Saat usia remaja sebagian besar rambut di bagian pubis tumbuh di usia 15, diikuti oleh rambut di ketiak dua atau tiga tahun sesudahnya.

Rambut di kulit kepala dipengaruhi oleh dihydrotestoteron (DHT). Hormon ini diproduksi dari hormon utama pria, testoteron (T) yang berada di dalam folikel rambut.

Folikel rambut awalnya terbentuk sebelum seseorang dilahirkan. Tak ada folikel baru yang dibuat setelah lahir dan demikian juga tak ada yang hilang saat beranjak dewasa.

Rambut lurus berasal dari folikel lurus dan tegak lurus terhadap permukaan kulit. Adapun orang-orang berambut keriting memiliki rambut berbentuk spiral, karena folikel rambut mereka berbentuk seperti kurva.

Warna rambut ditentukan oleh melanin dari sel pigmen. Saat sel-sel yang memproduksi pigmen berhenti berfungsi, rambut akan berwarna putih atau kelabu.

Rambut di sekujur tubuh akan tumbuh panjang setelah pubertas dan distimulasi oleh hormon pria. Hormon-hormon ini juga menyebabkan digantikannya rambut-rambut yang tak berwarna, halus, lembut, dan pendek-pendek saat kebotakan mulai berlangsung.

Masing masing jenis rambut mengalami perulangan siklus pertumbuhan dan istirahat. Siklus tersebut bervariasi berdasarkan usia dan kondisi kesehatan. Siklus rambut rata-rata berlangsung 120 hari.

Terdapat sekitar 125.000 rambut di kulit di kepala orang manusai dewasa dan 90 % nya akan terus tumbuh. Sisanya sebanyak 10 % berada dalam fase istirahat yang berlangsung sekitar 100 hari. Kira-kira 50-100 rambut lepas setiap harinya.

Di kulit kepala, rambut manusia tumbuh sekitar 1 cm per bulan. Pada kulit kepala kaum pria, rambut tumbuh lebih lambat dibandingkan kaum wanitanya.

Kecepatan pertumbuhannya pun turut dipengaruhi musim. Pada musim panas rambut tumbuh lebih cepat dan pada musim salju akan sebaliknya. Kecepatan pertumbuhannya memang lebih cepat di bawah panas dan gesekan, namun akan melambat saat terpapar dingin.

Rambut manusia secara konstan berubah dari sejak lahir hingga tua. Dari folikel rambut yang sama dapat muncul jenis rambut yang berbeda.

Rambut tumbuh paling baik antara usia 15 hingga 30, tetapi mulai menurun saat berusia 40 sampai 50. Kerontokan rambut paling hebat dialami pria maupun wanita di sekitar usia 50, dan semakin cepat di usia 70-an tahun. Sekitar 40 % pria kehilangan rambut mereka saat berusia 35.

Apa Saja jenis Kerontokan rambut ?

  1. Androgenic alopecia adalah jenis kerontokan yang paling sering dijumpai dan biasanya diawali dengan kerontokan di bagian depan dan ubun-ubun.
  2. Alopecia Areata merupakan kerontokan yang menyebabkan kebotakan di sebagian tempat. Pada jenis ini kerontokan  tak selalu terjadi di ujung kepala.
  3. Alopecia Universalis dengan ciri-ciri kerontokan terjadi pada hampir atau malah seluruh rambut di sekujur badan rontok (misalnya rambut kepala, alis, bulu mata dan lain-lain).