Sistem endokrin pada pencernaan

0
64

Jurusan Biologi.

Sistem Pencernaan

Lambung dan usus halus mensekresikan substansi yang mengontrol saluran pencernaan dan nafsu makan.

Lambung mulai mensekresikan cairan lambung, termasuk disini asam hidroklorat, bila ada makanan. Lambung juga mensekresikan hormon gastrin ke dalam darah yang akan menstimulasi jus lambung lebih lanjut.

Saat asam lambung disekresikan maka pH di dalam lambung akan turun. Saat pH mencapai tingkat tertentu, sekresi gastrin akan turun, demikian juga sekresi cairan lambung juga turun.

Lambung juga menghasilkan zat kimia yang disebut grelin yang tampaknya merupakan satu sinyal ke otak untuk menyebabkan rasa lapar.

Usus halus membebaskan hormon sekretin saat makanan memasukinya dari lambung. Selanjutnya akan menstimulasi pankreas untuk membebaskan bikarbonat guna menetralisir asam.

Bila protein atau lemak ada dalam makanan maka akan dibebaskan hormon kolesistokinin (CCK) yang akan menstimulasi pembebasan empedu dari kandung empedu dan enzim pencernaan. CCK juga memberikan sinyal ke otak bahwa seseorang sudah “kenyang”. 

Zat kimia lain yang disebut PYY3-36 juga memberikan sinyal ke otak untuk menghentikan makan. Ilmuwan percaya bahwa ada zat kimia lain yang terlibat dalam mengontrol proses pencernaan dan apakah seseorang merasa lapar atau tidak, beberapa berasal dari saluran pencernaan sendiri namun ada juga dari bagian tubuh lain seperti sel-sel lemak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here