Belajar Biologi : Wanita Tidak Bisa Hamil (Infertilitas)

0
27

Infertilitas

Infetilitas didefinisikan sebagai hilangnya kemampuan untuk hamil dan melahirkan seorang anak. Keadaan ini tidak sama dengan sterilitas, yang merupakan ketidakmampuan absolut dan ireversibel untuk hamil.

Secara klinis, suatu pasangan diduga mengalami infetilitas jika tidak terjadi kehamilan setelah koitus (senggama) yang sering dan tidak menggunakan kontrasepsi selama 12 bulan.

Infertilitas memiliki berbagai faktor penyebab. Penyakit yang mengenai wanita saja merupakan setengah dari pasangan infertil dan penyakit yang mengenai pria saja sepertiganya. Sekitar 10 % pasangan mengalami gangguan baik pada pihak pria maupun wanita. Pada 10-15 % pasangan tidak diketahui penyebab dari infertilitas yang dialami atau akan hamil selama melakukan pemeriksaan.

Gangguan yang menyebabkan infertilitas adalah berbagai gangguan yang melibatkan setiap peristiwa fisiologis utama yang diperlukan untuk menghasilkan kehamilan.

1. Produksi telur yang sehat. 2. Produksi sperma yang sehat

3. Transportasi sperma ke tempat fertilisasi

4. Transportasi zigot ke uterus untuk berimplantasi

5. Keberhasilan endometrium

6. Adanya kondisi-kondisi lain, seringkali masalah imunologis yang dapat mempengaruhi salah satu atau lebih peristiwa lainnya.

 

Kelainan Oosit

Penyebab utama infertilitas wanita akibat kelainan oosit adalah kegagalan ovulasi secara teratur atau, pada beberapa kasus, tidak terjadi ovulasi sama sekali.

Berbagai gangguan yang menyebabkan oligoovulasi atau anovulasi juga merupakan penyebab amenorea, dan dibagi menjadi 3 kelompok : disfungsi hipotalamus, penyakit pada hipofisis, dan disfungsi ovarium.

Infertilitas atau tidak bisa hamil karena anovulasi pada hipotalamus disebabkan oleh kelainan berat badan dan komposisi tubuh, latihan fisik yang berat, stres, dan perjalanan jauh.

Berbagai gangguan pada hipofisis dan endokrin yang berhubungan dengan anovulasi adalah hiperprolaktinemia dan hipotiroidisme.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here