Anatomi Lensa Mata

0
39

Anatomi Lensa Mata Manusia

Sebelumnya dijelaskan lensa mata manusia secara umum. Kali ini akan dijelaskan tentang anatomi lensa mata manusia. Dengan kata lain tinjauan histologi lensa mata manusia.

Lensa mata tersusun atas tiga bagian yaitu kapsul lensa (lens capsule), ephitelium lens (lens epithelium), dan serat lensa (lens fibers). Berikut penjelasan anatomi lensa mata pada tiga bagiannya:

1. Kapsul Lensa

Kapsul lensa mata merupakan membran basal yang menghubungkan otot siliari dengan lensa. Kapsul lensa tersusun atas kolagen yang dihasilkan oleh sel epithelium lensa mata. Hal ini membuat kapsul lensa halus, transparan,  dan sangat elastis.

Lensa mata
Lensa Mata Manusia

2. Epithelium Lensa

Pada bagian ini, sel nya berbentuk kuboid yang berfungsi dalam mengatur keseimbangan atau kondisi homeostasis lensa mata. Lapisan lensa mata ini mengatur dalam pemberian nutrisi terhadap bagian ini sendiri dan 2 bagian lensa mata lainnya. Bagian ini terletak diantara kapsul lensa dan serat lensa (lens fibers).

3. Serat Lensa

Bagian inilah yang memberikan bentuk pada lensa mata. Tersusun atas sel sel yang transparan, panjang, tipis, tersusun rapat, berkaitan menggunakan gap junction dan interdigitasi. Serat lensa ini dibentuk atau disuplai oleh epithelium lensa mata manusia.

Serat lensa tersusun seperti lapisan bawang dengan sel sel bagian tengah merupakan sel awal lensa mata dan pada bagian terluar merupakan sel lensa mata dewasa. Sel serat lensa mata dewasa tidak memiliki nukleus dan organel.
Sekian penjelasan singkat tentang histologi lensa mata, baca juga
Penyakit terhadap Lensa Mata manusia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here