Ciri-Ciri Amoeba proteus

0
153

Belajar Biologi Amoeba proteus (Pallas, 1766) Leidy, 1878.

Amoeba proteus merupakan makhluk uniseluer, anggota dari kingdom Protista dan subkingdom Protozoa (Baca klasifikasi Amoeba).

Ciri khas amoeba adalah kaki semunya yang digunakan untuk bergerak dan makan disebut pseudopodia (sering juga disebut sudopot). Akan tetapi apa yang menjadi ciri-ciri dari Amoeba proteus yang berbeda dari hewan amoeba lainnya dan organisme uniseluler berlendir lainnya?

Berikut adalah ciri-ciri Amoeba proteus dari amoeba.ifmo.ru.

Panjang alat gerak pseudopodia Amoeba proteus sekitar 220-740 mkm (rata-rata 425 mkm). Amoeba secara mayoritas bergerak secara polipodial dalam keadaan menguntungkan dan beberapa Amoeba bergerak secara ortostatik (Ortopodial). Berbentuk kristal bipiramid kerucut.

Aliran dalam sel dengan tipe radial dan beberapa pseudopodia pendek tak beraturan bergantian secara radial muncul dari pusat granuplasma.

Ciri-ciri lain Amoeba proteus adalah inti sel (nukleus) berbentuk granular, cakram dan terkadang cengkung (kongkaf/concave). Inti Amoeba proteus berdiameter 22-62 mkm (rerata 40 mkm)

Ciri lainnya adalah pada permukaan sel Amoeba yang diselimuti oleh filament tipis dan pendek dengan panjang 230 nm dari membran plasma. Ciri-ciri Amoeba proteus dapat dilihat dari mitokondria.

Apabila mitokondrinya tipe hetermorfisme atau berbagai bentuk maka itu adalah amoeba proteus (salah satu ciri). Kemudian yang dapat mencirikan adalah bagian lamina inti menyerupai sarang lebah madu.

Akan tetapi banyak peneliti sampai sekarang masih mempertanyakan ciri-ciri amoeba diatas. Hal ini dikarenakan masih banyak spesies amoeba yangciri-ciri Amoeba proteus
memiliki inti satu bergranula. Untuk selanjutnya, mereka berharap untuk lebih kearah biokimia dan hasil TEM dan karakteristik filamen Amoeba proteus

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here