Contoh Hewan Flagellata

0
21

 

Berikut beberapa contoh hewan Flagellata pada filum protozoa
  1. Euglena viridis (memiliki klorofil) dan Astasia sp. (tidak mempunyai klorofil). Bila Euglena viridis (berwarna hijau) dipelihara dan diberi streptomysin, warna hijau akan menghilang. Euglena viridis dan Astasia sp. habitatnya di air tawar.
  2. Noctiluca scintilla / Noctiluca miliaris, makhluk kecil yang memiliki 2 flagel panjang dan pendek dan bersimbiosis dengan alga. Noctiluca miliaris hidup dilaut dan sering menyebabkan laut bercahaya di malam hari akibat kemampuannya yaitu lumiscent.
  3. Trypanosoma adalah parasit pada manusia dan binatang yang dapat menyebabkan penyakit tidur. Trypanosoma memiliki 1 flagel dan hidup sebagai parasit. Hewan protozoa ini terbagi atas beberap spesies yang menyebabkan penyakit yang berbeda pula. Contoh, Trypanosoma gabiense ditularkan oleh lalat tsetse Glossina palpalis. Hewan protozoa lain dari jenis ini adalah Trypanosoma cruzi (anemia pada anak kecil), Trypanosoma evansi (penyakit surra), Leismania donovani (Penyakit kala azar), Trypanosoma rhodensia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here