Ekosistem: Apa itu ekosistem?

0
149

Ekosistem

Ekosistem menurut Undang-undang lingkungan hidup (UULH, 1982) adalah tatanan kesatuan secara keseluruhan antara semua unsur lingkungan hidup yang secara bersama-sama mempengaruhi.

Ekosistem merupakan tingkat organisasi yang lebih tinggi dari komunitas. Ekosistem ialah kesatuan dari suatu komunitas dengan lingkungannya dimana terjadi antar hubungan (timbal balik). Hal ini dimaksudkan bahwa ekosistem bukan hanya biotik akan tetapi mencakup abiotik pula yang menjadi sumber kekuatan. Organisme produsen terutama membutuhkan energi, cahaya, oksigen, air dan lainnya diambil dari lingkungan abiotik yang akan diteruskan ke konsumen berikutnya dalam populasi ataupun komunitas.

Perlu diketahui bahwa di dalam ekosistem terdapat makhluk hidup dan lingkungan

Hubungan yang terjadi antara lingkungan abiotik dan makhluk hidup yang ada didalamnya membuat sebuah komunitas sebagai suatu ekosistem. Proses perpindahan energi yang terjadi akan membentuk jarin-jaring makanan. Sehingga konsep ekosistem menyangkut semua hubungan dalam suatu komunitas dan disamping itu juga semua hubungan antara komunitas dan lingkungan abiotiknya.

Di dalam ekosistem setiap spesies memiliki suatu niche (relung) ekologi yang khas. Setiap spesies juga hidup di tempat dengan faktor faktor lingkungan yang khas di suatu habitat tertentu. Ekosistem seperti halnya dengan komunitas tidak mempunyai batas-batas ruang dan waktu.

Kaidah Kaidah Dalam Ekosistem

Ekosistem dalam mempelajarinya perlu mengetahui kaidah-kaidah dalam ekosistem yaitu:

 

1. Suatu ekosistem diatur dan dikendalikan secara ilmiah

2. Suatu ekosistem mempunyai daya kemampuan yang secara optimal dalam keadaan berimbang. Di atas kemampuan tersebut ekosistem tidak lagi terkendali, dengan akibat menimbulkan perubahan-perubahan lingkungan atau krisis lingkungan yang tidak lagi berada dalam keadaan lestari bagi kehidupan organisme.

3. Terdapat interaksi antara seluruh unsur-unsur lingkungan yang saling mempengaruhi dan bersifat timbal balik
4. Interaksi terjadi antara:
  • Komponen komponen biotis dengan komponen komponen abiotis
  • Sesama komponen biotik
  • Sesama komponen komponen abiotik

5.Interaksi itu selalu terkontrol menurut dinamika yang stabil, untuk mencapai suatu optimum mengikuti setiap perubahan yang dapat ditimbulkan terhadapnya dalam ukuran batas-batas kesanggupannya.

6. Setiap ekosistem memiliki sifat-sifat yang khas di samping yang umum secara bersama-sama dengan ekosistem lainnya mempunyai peranan terhadap ekosistem keseluruhannya (biosfer).

7. Tiap ekosistem tergantung dan dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor, tempat, waktu dan masing masing membentuk basis-basis perbedaan di antara ekosistem itu sendiri sebagai pencerminan sifat-sifat yang khas.

8. Antara satu dengan lainnya, tiap-tiap ekosistem juga mengikutsertakan diri untuk memilih interaksinya pula secara tertentu.
 
Ekosistem: Apa itu ekosistem
Ekosistem Source: christopherwink.com
 

Suatu ekosistem sangat rumit. Hubungan antar organisme ada yang langsung dan tidak langsung. Dalam beberapa hal hubungannya sangat jauh. Arus energi menempuh berbagai macam jalan. Untuk mempelajari suatu ekosistem diperlukan pengamatan yang lama dan sukar. Mungkin tidak ada satu ekosistem pun yang dapat dipahami secara seluruhnya. Agar hubungan yang terdapat antar organisme dan lingkungan abiotiknya dalam ekosistem dapat dipahami, diperlukan penelitian-penelitian yang saksama.

Dalam konsep ekosistem komponen-komponen lingkungan hidup dilihat secara terpadu sebagai komponen yang berkaitan dan bergantung satu sama lain dalam suatu sistem. Pendekatan ini disebut pendekatan ekosistem atau pendekatan holistik.Baca juga artikel terkait dibawah ini:
Pengertian Ekosistem: Pendapat Ahli tentang Ekosistem
Macam-macam ekosistem