Filum Mollusca, Apa itu Mollusca

0
156

Mollusca

belajar biologi. Filum mollusca adalah filum dengan anggota spesies berjumlah 80.000. Jumlah ini masih sedikit dibandingkan spesies arthropoda yang tersebar di muka bumi. Filum mollusca terbagi atas 5 kelas. 

Mollusca merupakan filum dari kelompok hewan tidak bertulang belakang atau invertebrata dengan ciri khas memiliki cangkang baik itu ekso atau endo.

Selain kelas Chepalopoda, semua anggota dari filum mollusca bercangkang dan adapun beberapa spesies mollusca mampu melepas cangkangnya. 

Ciri-ciri dari filum mollusca adalah
– Bercangkang
– Triploblastik selomata, memiliki 3 lapisan embrional yaitu ektoderm, endoderm dan mesoderm serta berongga sempurna.
– Tidak memiliki endoskeleton atau rangka dalam
Sistem pencernaan mollusca sempurna dengan adanya saluran dari mulut hingga anus
– Sistem peredaran darah terbuka kecuali pada kelas Chepalopoda
– Sistem ekskresi menggunakan ginjal 
Sistem pernapasan filum mollusca berupa mantel, ada yang menggunakan insang dan mantel, dan ada yang menggunakan mantel saja, ada yang menggunakan pulmonum dan ada yang menggunakan epidermis juga
– Berumah dua (dioseus) akan tetapi pada kelas gastropoda ada yang hermaprodit (kelamin ganda).
– Habitat filum mollusca merupakan kosmopolit yang berarti ada hidup di darat, di laut, di tempat tropis maupun di lokasi dingin.

 Klasifikasi filum mollusca berdasarkan struktur kaki mollusca, cangkangnya, mantel, insang, dan simetri tubuh mollusca. Atas dasar ini, filum mollusca dibagi atas 5 kelas yaitu amphineura, kelas scapopoda, kelas pelecypoda, kelas gastropoda dan terakhir kelas chepaloda.

Anggota dari filum mollusca didominasi oleh kelas gastropoda dengan jumlah spesies sekitar 35.000 yang masih hidup. Sedangkan kelas Chepalopoda hanya terdapat sekitar 20 an spesies.

Hal ini terjadi karena habitat kelas gastropoda lebih luas yaitu darat dan lautan serta air tawar dan sifat hermaprodite gastropoda.

Dari penjelasan diatas, dapat diambil beberapa kesimpulan awal seperti:

Pengertian mollusca adalah kelompok hewan bertubuh lunak yang tubuhnya tidak beruas-ruas dengan ciri utama memiliki mantel pada tubuhnya.

Filum mollusca terbagi atas 5 kelas yaitu Amphineura contoh spesies  Acanthopleura granulata, Scapopoda dengan contoh anggotanya Dentalium sp.. Kemudian kelas Gastropoda dengan spesies Achatina fulica, dan kelas Chepaloda contoh spesiesnya adalah Loligo vulgaris.

Sistem pencernaan mollusca sudah sempurna karena ditemukannya saluran pencernaan yang bermula dari mulut sampai anus.
 
Acanthopleura granulata filum mollusca
Acanthopleura granulata, kelas Amphineuara, filum mollusca

 

Filum mollusca
Achatina fulica, kelas Gastropoda, filum mollusca

 

Filum mollusca 2
Dentalium sp., kelas Scapopoda, dari filum mollusca

 

Anggota Filum mollusca 3
pelecypoda

 

hewan Filum mollusca 4
chepalopoda
Sekian tulisan kami yang berjudul Filum Mollusca, apa itu mollusca. Saya harap pembaca memperhatikan dan tetap mempelajari filum lain yang ada pada invertebrata dan vertebrata.