Filum Protozoa : Subfilum Sarcomastigophora

0
94

Belajar Biologi

Sarcomastigophora merupakan sub filum dari protozoa yang diklasifikasikan berbeda dari yang lain dikarenakan alat geraknya yaitu pseudopodia dan atau flagella.

Hal ini berbeda dengan 3 sub filum lain seperti Sporozoa, Ciliata dan sub filum Chidospora.

Berikut ciri dari Sub Filum Sarcomastigophora 

  • Alat gerak organel berupa pseudopodia atau flagella dan dapat keduanya

  • Nukleusnya memiliki 1 inti atau lebih akan tetapi monomorfik (sama ukurannya)

Kemudian, Subfilum mastigophora diklasifikasikan dalam 3 kelas yaitu :
  • Kelas Mastigophora atau Flagellata dengan ciri ciri memiliki pelikel, alat gerak protozoa ini berupa satu flagella atau lebih. Contoh hewan protozoa dari kelas ini adalah Euglena, Noctiluca, Trypanosoma (hewan protozoa darah).

  • Kelas Sarcodina atau Rhizopoda memiliki tubuh yang amoeboid dengan pelikel berlapis. Alat gerak protozoa ini berupa pseudopodia. Alat gerak pseudopodia terbagi tiga yaitu lobopodia, filopodia, atau retuculopodia. Hewan protozoa ini makan secara holozoik (memakan mikroorganisme ) atau saprozoik (mengambil makanan dari zat-zat makhluk hidup yang mati dan membusuk). Contoh hewan ini adalah Amoeba, Entamoeba dan Actinohrys. Entamoeba merupakan protozoa usus yang menyebabkan banyak penyakit usus pada manusia tergantung spesiesnya.

  • Kelas Opalinata. Klasifikasi kelas ini berdasarkan adanya silia seperti flagella pada seluruh tubuhnya, berinti 2 atau lebih tetapi tetap berukuran sama dan merupakan protozoa parasit pada usus katak dan kodok. Contoh hewan protozoa ini adalah Opalina, Zelleriella.
Protozoa dan Sub filum
Protozoa dan Sub filum
 
Akan tetapi, menurut Sistem Kido, Sub filum Protozoa ini diturunkan menjadi dua kelas yaitu Kelas Mastigophora dan kelas Sarcodina dengan sub filum Plasmodroma (Untuk lebih jelasnya lihat disini dan sistem kudo disini)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here