Klasifikasi Makhluk hidup Sistem 3 domain

0
166

Klasifikasi Makhluk Hidup Sistem Domain

Makhluk hidup menurut Calr Woese dapat di Klasifikasi dalam 3 domain berdasarkan bentuk selularnya yaitu domain Archaea, Bacteria dan Domain Eukaryote. Dengan munculnya kata domain artinya dalam klasifikasi makhluk hidup terdapat lagi satu taxa diatas kingdom.

Domain pertama adalah archae yang merupakan makhluk hidup prokariotik yang tidak mempunyai membran inti. Archae berbeda dengan bakteria dalam hal biokimia dan RNA masing-masing serta ketahanan terhadap kondisi ekstrem.

Domain yang kedua dalam sistem klasifikasi Carl woese adalah Bacteria yang juga terdiri atas makhluk hidup prokariotik, tanpa membran inti. Dalam domain ini terdapat 2 kelompok besar yaitu Bacteria dan Cyanobacteria.

Kemudian domain terakhir yaitu Eukarya (Eukaryotes)  merupakan tempat untuk semua organisme yang memiliki membran inti dan terbagi atas beberapa kingdom. Kingdom yang terdapat dalam domain ini antara lain: 

  • Kingdom Fungi
  • Kingdom Plantae

  • Kingdom Animalia

  • Kingdom Chromavaeolate

 Sekian tulisan saya tentang klasifikasi makhluk hidup berdasarkan sistem domain. Baca juga klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk lainnya.

Klasifikasi makhluk hidup sistem 3 domain
Dasar Klasifikasi Makhluk hidup sistem 3 domain melalui data RNA