Klasifikasi Makhluk Hidup Sistem 5 kingdom

0
213
Sistem 5 kingdom merupakan klasifikasi makhluk hidup yang dikemukakan oleh R.H. Wittaker tahun 1969. Klasifikasi 5 kingdom ini membagi makhluk hidup menjadi 5 yaitu Animalia (Metazoa), Plantae, Fungi, Protista, dan Monera. 
Penjelasan klasifikasi sistem 5 kingdom sebagai berikut:

Kingdom Animalia (Metazoa)
Kelompok untuk makhluk hidup yang bersifat heterotrofik, tidak memiliki dinding sel, memiliki membran sel, dan multiseluler. Anggota kingdom Animalia tidak memiliki kloroplas sehingga tidak mampu melakukan fotosintesis. Makhluk hidup yang diklasifikasikan dalam kingdom animalia mampu bergerak secara aktif dikarenakan modifikasi sel pada bagian protein kontraktil. 
Setelah kingdom, klasifikasi selanjutnya disebut phyla atau filum. Diperkirakan terdapat 9,812,298 spesies.
Kingdom Plantae (Metaphyta)
Plantae merupakan klasifikasi makhluk hidup yang dicirikan dengan sel yang berdinding sel, multiseluler, bersifat autotrofik (umumnya), kurang mampu bergerak, memiliki kloroplast dan pigmen klorofil yang membuatnya mampu melakukan fotosintesis.
Setelah kingdom, klasifikasi selanjutnya disebut division atau divisi. Diperkirakan terdapat 320,000 spesies.
Kingdom Fungi atau Mycota
Fungi adalah klasifikasi makhluk hidup yang dulunya masuk dalam kingdom plantae. Memiliki membran inti  (eukariot). Tubuh tersusun oleh hifa yang membentuk miselium. Bersifat saprofit ataupun parasit dan juga beberapa spesies mampu bersimbiotik. Tidak mampu berfotosintesis karena tidak memiliki klorofil. Diperkirakan terdapat 1,500,000 spesies
Kingdom Protista
Klasifikasi makhluk hidup yang bersel tunggal dan memiliki membran inti (eukariot).Makhluk hidup ini terkadang memiliki kloroplast adapun yang tidak. Beberapa spesies memiliki dinding sel. Ukurannya cukup kecil akan tetapi tetap mampu untuk teramati menggunakan lup ataupun mikroskop. Mampu bergerak menggunakan silia, flagela ataupun alat pergerakan amoeboid lainnya, walaupun pada beberapa anggota nya tidak memiliki alat gerak. Terdapat sekitar 600.000 spesies.
Kingdom Monera
Monera terbagi atas dua yaitu Bacteria dan Archaebacteria. Kelompok makhluk hidup yang uniseluler, tidak memiliki membran inti (prokariotik), memiliki dinding sel, tidak memiliki kloroplast dan organel lainnya kecuali ribosom dan mesosom. Berukuran sangat kecil dan memiliki banyak varian pada tingkatan spesiesnya. Kingdom monera juga beranggotakan alga hijau biru (green blue alga ) yang mampu melakukan fotosintesis.Organisme ini dapat bersifat fotoautotrof atau kemoautotrof (atau keduanya), dapat bersifat aerob dan anaerob. Diperkirakan terdapat 1.000.000 spesies
Klasifikasi makhluk hidup R. H. Wittaker
Klasifikasi makhluk hidup R. H. Wittaker