Lensa Mata Manusia

0
191

Lensa Mata

Mata manusia memiliki bagian pengatur fokus yang disebut lensa mata. Bagian ini secara anatomi tersusun atas tiga yaitu kapsul lensa, epitelium lensa, dan fiber lensa. 
Lensa mata itu tranparant, bikonveks, dapat berubah bentuk sesuai dengan jarak dan fokus benda. Lensa mata terbuat dari sel-sel yang mengalami pemanjangan tak normal dan tidak terdapat suplai darah akan tetapi menerima nutrisi dari aqueous humour.
Ukuran atau bentuk lensa mata diatur pada kontraksi dan relaksasi otot-otot siliari disekitarnya. Hal ini memungkinkan mata untuk fokus pada objek yang berbeda jaraknya. 

Sruktur Lensa Mata

Struktur Lensa Mata
Struktur Lensa Mata
Lensa mata termasuk dalam bagian anterior mata. Di depan lensa mata terdapat iris. Iris pada mata berfungsi dalam mengatur cahaya yang mengenai lensa mata. Ligamen suspensori yang merupakan jaringan berserat (fibrous) berbentuk cincin yang menjadi bingkai lensa pada mata. Lensa mata dewasa memiliki ukuran sekitar 10 mm (diameter) dan panjang aksial sekitar 4 mm. Lensa mata akan terus membesar sepanjang hidup seseorang.
 
Lensa mata berfungsi sebagai benda yang membuat kita dapat melihat atau fokus terhadap pantulan cahaya dalam berbagai jarak. Sering disebut sebagai akomodasi. 
Kemampuan akomodasi ini akan berkurang seiring dengan umur seseorang dan penyakit yang ada. Terdapat beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh kerusakan terhadap lensa mata.
Uniknya, gambar atau cahaya yang diterima oleh retina dikarenakan posisi dan bentuk lensa mata merupakan gambar yang terbalik atau inverted image. Saraf khususnya sistem saraf (otak) akan menginterpretasi gambar yang diambil oleh indera.
Sekian tulisan tentang lensa mata manusia, baca juga
Anatomi lensa manusia
Penyakit Pada Lensa Mata

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here