Mollusca atau Filum Mollusca

0
94

Belajar Biologi

Mollusca

Mollusca adalah satu dari anggota invertebrata. Mollusca berada dalam tataran filum yaitu filum mollusca. Mollusca berarti bertubuh lunak. Ciri khas mollusca adalah terdapatnya mantel yang membungkus bagian-bagian lunak dan melapisi rongga mantel. 

Mollusca terbagi atas 5 kelas yaitu kelas Amphineura, Scapopoda, Gastropoda, Pelecypoda, dan Chepalopoda. Kelas Mollusca ini dibagi berdasarkan ciri-ciri mollusca yang dimiliki seperti bentuk  cangkang, radulanya, ada tidaknya cangkang, jumlah cangkang dan lainnya.

Mollusca memiliki tubuh simetri bilateral, tidak beruas (berbeda dengan filum arthropoda), triploblastik, dan beberapa kelas mollusca menghasilkan kalsium karbonat pada mantelnya.

Moluscca memiliki struktur berotot yang disebut kaki yang bentuk dan fungsinya berbeda untuk 5 kelas mollusca. Struktur tubuh mollusca yang bercangkang hanya dimiliki oleh kelas selain Cephalopoda

Siklus hidup mollusca cukup singkat yaitu sekitar beberapa tahun. Untuk kelas Cephalopoda, yaitu Cumi-cumi raksasa yang memiliki masa hidup paling lama sekitar 10 tahun. 

Molluska mencerna makanan  menggunakan mulut yang beradula (lidah parut) yang diteruskan hingga ke anus yang terbuka di daerah rongga mantel.

Kelenjar pencernaan pada mollusca juga sudah berkembang dengan baik. Sistem pencernaan mollusca termasuk dalam pencernaan sempurna. 

Peredaran darah mollusca adalah peredarah darah yang terbuka yang ada pada semua kelas selain kelas Chepalopoda. Peredaran darah terbuka adalah peredaran darah yang mengalir tanpa pembuluh kapiler darah, hanya sampai pada tahap arteri kemudian ke rongga-rongga darah (hemocoelom).

Terdapat sekitar 80.000 jenis mollusca. Kelas dengan jenis mollusca yang paling sedikit adalah Chepalopoda dengan jumlah spesies sekitar 20-an dan. Amphineura memiliki spesies sekitar 700 an.

Jenis mollusca yang paling banyak tersebar atau memiliki jumlah spesies tersebar adalah kelas Gastropoda dengan anggota sekitar 35.000 spesies. Sedangkan pada kelas Pelecypoda hanya terdapat kurang lebih 7.000 spesies.

Contoh hewan mollusca dari kelas amphineuara adalah Chiton sp. Dari kelas Scapopoda contoh hewannya adalah Dentalium sp. Contoh hewan mollusca yang berasal dari kelas Pelecypoda ialah Anodonta grandis. Dari kelas Chepalopoda sendiri ialah Loligo pealii.

Sistem pernapasan mollusca menggunakan insang untuk beberapa kelas mollusca. Akan tetapi pada kelas Scapopoda hanya menggunakan mantel untuk bernapas.

Sistem pernapasan mollusca pada kelas lain seperti Gastropoda dan Pelecypoda menggunakan insang dan mantel. Pada kelas Chepaloda, sistem pernapasannya menggunakan insang.

mollusca
Mollusca, Gastropoda

sekian tulisan kami tentang mollusca, terima kasih atas perhatiannya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here