Perluasan atau Penyebaran Populasi

0
25

Perluasan atau penyebaran populasi adalah gerakan individu individu atau anak anaknya (biji, spora, larva, dan sebagainya) ke dalam atau keluar dari daerah populasi. Ada tiga bentuk penyebaran populasi sebagai berikut: 

  • Emigrasi, yaitu gerakan keluar atau kepergian individu keluar dari batas-batas tempat populasi sehingga populasinya berkurang.
  • Imigrasi adalah gerakan ke dalam batas-batas tempat populasi, sehingga populasinya bertambah
  • Migrasi yaitu berangkat (pergi) dan datang (kembali) secara periodik

Penyebaran populasi membantu natalitas dan mortalitas di dalam memberi wujud bentuk pertumbuhan dan kepadatan populasi.

Namun sering terjadi penyebaran populasi ini secara berangsur-angsur sehingga tidak dirasakan perubahannya atau memberikan pengaruh kecil terhadap seluruh populasi, terutama apabila satuan populasinya besar.

Hal ini mungkin karena adanya emigrasi yang diimbangi oleh imigrasi atau karena pertambahan dan pengurangan itu diimbangi oleh natalitas dan mortalitas

Demikianlah artikel tentang perluasan dan penyebaran populasi. Perlu diketahui untuk memahami artikel tentang ekologi, anda harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang apa itu ekologi, populasi dan bagian bagian dari populasi.

Jangan mengira, dengan membaca cuman satu dua artikel anda akan paham tentang apa itu perluasan dan penyebaran populasi. Anda juga harus membaca tentang sifat sifat populasi, apa itu pengertian populasi, pengertian ekologi dan ekosistem. 

Serta unsur unsur yang terdaapat dalam populasi.

Demikianlah artikel tentang perluasan dan penyebaran populasi. Tetap belajar biologi dan tetap semangat belajarnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here