Populasi: Pengertian Populasi

0
41

Pengertian Populasi

Pengertian Populasi | Selamat pagi, Pengertian Populasi berasal dari bahasa latin yaitu populus yang berarti rakyat atau penduduk. Populasi dari suatu negara diartikan sebagai penduduk dari negara tersebut. Populasi manusia artinya populasi spesies Homo sapiens pada daerah tersebut, atau populasi spesies Ayam domestik Gallus gallus domesticus artinya kumpulan individu ayam Gallus gallus domesticus pada suatu tempat. 

Menurut Biologi Online dan Oxford Dictionaries, Pengertian populasi adalah kumpulan organisme yang sejenis atau satu spesies yang hidup pada cakupan geografis yang sama dan memiliki kemampuan untuk saling kawin atau bereproduksi antar sesamanya.

Populasi dalam artian sosiologis mengacu pada sekumpulan manusia yang mengacu pada area tertentu.

Merriam Webster, Pengertian Populasi adalah total partikel dalam tingkatan energi tertentu; Kelompok data atau individu pada sebuah lokasi dimana data statistik dapat diambil dan dijadikan sampel penelitian.

Dalam membicarakan pengertian populasi, haruslah disebut jenis  individu, tempat dan batas waktu yang jelas. Contoh yang tepat adalah populasi pohon Ki Hujan pada tahun 2014 di Universitas Hasanuddin, Makassar atau populasi Ayam kampung di kandang Fakultas Peternakan tahun 2014. 

Jadi, Pengertian populasi adalah kelompok kolektif organisme-organisme dari jenis yang sama yang menduduki ruang dan tempat yang terbuka, dan memiliki berbagai ciri atau sifat yang merupakan milik dari kelompok dan tidak merupakan milik individu di dalam kelompok itu.

Sekian tulisan saya tentang Populasi dan Pengertian populasi, untuk lebih jelasnya baca juga tulisan tentang populasi di bawah ini

Populasi Ayam Ras dalam Kandang
Populasi Ayam Ras dalam Kandang

 

Populasi manusia pada sebuah stadium dalam pertandingan bola
Populasi manusia pada sebuah stadium dalam pertandingan bola

 

Populasi pohon jati
Populasi pohon jati pada sebuah lahan perkebunan

 

Populasi semut merah 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here