Proses Fotosintesis : Reaksi Terang

0
149
Proses fotosintesis 1
Proses Fotosintesis pada tanaman

Fotosintesis Pada Tanaman dan Proses Fotosintesis

Fotosintesis terbagi menjadi dua proses yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Proses pertama dalam fotosintesis adalah reaksi terang atau light reaction yang membutuhkan kehadiran cahaya matahari atau foton.

Reaksi terang adalah proses dalam fotosintesis yang mengubah energi cahaya matahari menjadi energi kimia yang akan digunakan untuk memecah air (fotolisis).

Molekul air yang tersusun atas H dan O yang dalam proses fotolisis akan pecah menjadi kation Hidrogen dan O2. Kation Hidrogen akan berfungsi sebagai sumber elektron dan O2 sebagai produk sampingan yang kemudian akan dikeluarkan melalui stomata tumbuhan.

Energi cahaya yang diserap oleh klorofil akan memindahkan transfer elektron dan kation hidrogen dari air menuju kation NADP. kation NADP berfungsi sebagai pembawa elektron dalam respirasi selular.

Dalam proses reaksi terang pada fotosintesis, menghasilkan NADPH dan ATP. NADPH dihasilkan dengan mereduksi NADP+ dan menambahkan sepasang elektron dan ion Hidrogen secara bersamaan. Kemudian ATP dihasilkan melalui proses fotofosforilasi.

Hal yang perlu diperhatikan dan diingat dalam proses fotosintesis bagian reaksi terang adalah tidak dihasilkannya gula. Gula baru dihasilkan dalam proses fotosintesis bagian reaksi gelap atau siklus calvin.

Proses fotosintesis reaksi terang kimiawi
Proses kimiawi dalam reaksi terang | Fotosintesis