Sifat Populasi: Mortalitas

0
38

Sifat Sifat Populasi

Mortalitas adalah salah satu sifat populasi. Mortalitas dapat diartikan sebagai tingkat kematian individu-individu dalam populasi. Mortalitas merupakan kebalikan dari natalitas (kelahiran).

Angka mortalitas ekuivalen dengan angka kematian pada demografi manusia. Seperti natalitas, mortalitas dapat dinyatakan sebagai individu yang mati dalam kurung waktu tertentu dalam populasi.

Misalnya dalam waktu 20 tahun, dalam populasi pohon Ki Hujan Unhas telah ditebang sebanyak 200 pohon untuk perluasan lahan rumah sakit Unhas. Atau Selama 3 tahun ini, populasi kijang di UNHAS, mati sebanyak 5 ekor. Hal yang harus diingat bahwa mortalitas adalah sifat atau ciri populasi sehingga tidak dipakai sebagai ciri individu karena individu hanya mati sekali.

Mortalitas dari setiap populasi tidak sama atau beragam atau tidak tetap. Mortalitas minimum adalah suatu ketetapan dari suatu populasi yang menunjukkan di bawah keadaan yang tidak ideal. Maksud sekalipun dalam keadaan yang paling baik, individu individu itu akan mati karena umur tua yang ditentukan oleh ketahanan hidup fisiologis mereka, yang sering lebih besar daripada ketahanan hidup ekologi rata-rata

Mortalitas populasi gajah karena perburuan
Mortalitas populasi gajah karena perburuan

 

Mortalitas populasi buaya karena perselisihan wilayah
Mortalitas populasi buaya karena perselisihan wilayah

 

Mortalitas populasi Penguin karena pencemaran lautan
Mortalitas populasi Penguin karena pencemaran lautan

Demikianlah artikel tentang sifat populasi yaitu mortalitas atau kematian yang pastinya akan terjadi dalam populasi. Populasi vampire saja mengalami kematian apalagi yang lain (ngawur). Tetap belajar biologi supaya kalian paham akan makhluk hidup dan lingkungan kita. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here