Tulang Ikan Hiu

0
210

Morfologi dan Anatomi Tulang Ikan Hiu

Anda pasti bertanya tentang tulang ikan hiu, atau apakah ikan hiu mempunyai tulang?Atau anda beranggapan ikan hiu tidak punya tulang.

Ikan hiu memiliki tulang akan tetapi tidak tersusun oleh tulang keras melainkan oleh tulang rawan atau kartilago.

Menggunakan tulang rawan, ikan hiu mampu bergerak dengan lebih ringan, fleksibel dan sembuh lebih cepat daripada tulang keras (osteon) dikarenakan sel-sel pembentuk tulang rawang memang dari segi pembelahan dan pembentukan lebih cepat. 

Akan tetapi tentulah pada bagian tertentu pada ikan hiu membutuhkan  kekuatan tulang yang lebih. Seperti pada gigi, tengkorak dan tulang belakang ikan hiu dilengkapi dengan garam kalsium yang membuatnya lebih tipis dan kuat sehingga mampu menggigit dan menabrak mangsa tanpa keraguan.

Tulang ikan hiu yang tersusun atas kartilago ini telah diteliti tentang manfaatnya dalam mengobati kanker. Berdasarkan penelitian ahli biologi laut Dr. Carl Luer yang telah berusaha beberapa tahun mencoba membuat sel kanker berkembang pada tubuh ikan hiu mengalami kegagalan.

Kegagalan ini diakibatkan oleh tulang ikan hiu yang tidak memiliki pembuluh darah  (blood vessel) dan juga ikan hiu memiliki sistem imun yang sangat kuat yang juga merupakan manfaat dari tulang ikan hiu yang tersusun atas kartilago seluruhnya.

Struktur tulang ikan hiu
tulang ikan hiu
Tulang Ikan Hiu

Dapat anda lihat bahwa ikan hiu tidak memiliki tulang rusuk untuk melindungi bagian-bagian organnya dan tidak memiliki swim bladder yang akan mencegah ikan hiu untuk tenggelam hingga ke dasar perairan. Hal ini tidaklah perlu karena tubuh ikan hiu dengan tulang rawan yang ada sudah cukup ringan untuk membuat ikan hiu untuk tidak tenggelam ke dasar. 

Tetapi, yang perlu kalian ketahui, apabila ikan hiu sempat naik ke daratan dan tidak tergenang atau berenang, berat tubuhnya akan menghancurkan organ dalamnya. 
tulang gigi ikan hiu
Gigi ikan hiu
Ikan hiu selama hidupnya dapat kehilangan hingga 30.000 tulang gigi. Segera setelah giginya patah atau rusak, tulang gigi yang baru akan muncul beberapa hari kemudian. 
Perbedaan tulang belakang ikan hiu dengan lainnya
Tulang belakang ikan hiu dan lainnya
 
Dapat anda lihat pada gambar diatas, tulang belakang ikan hiu memiliki makriks tulang rawan yang sangat tebal dengan lapisan garam kalsium yang tipis. Ini membuat tulang belakang ikan hiu ringan, fleksibel dan cepat sembuh dikarenakan tulang belakang ikan hiu langsung bersentuhan dengan darah (tidak melalui pembuluh).