Tulang Tangan Manusia

0
332

Anatomi dan Morfologi Tulang Tangan Manusia

Tulang tangan manusia tersusun atas 27 tulang. Secara garis besar terbagi atas 5 bagian tulang yaitu Distal phalanges, intermediate phalanges, proximal phalanges, metakarpal dan karpal.

Tulang Phalanges merupakan tulang pada bagian jemari tangan. Ibu jari merupakan phalanges I yang tersusun atas tulang distal dan proximal phalanges. Sedangkan phalanges 2-5 yang lain tersusun atas 3 tulang yaitu distal, middle dan proximal. 

Tulang proximal phalanges merupakan tulang pada jari tangan yang menghubungkan jari dengan tulang metacarpus. Tulang hamate bertugas dalam artikulasi tulang telapak tangan dengan jari ke-3 dan jari kecil.

Tulang triquetral yang merupakan tulang terakhir pada bagian posterior karpus. Tulang pisiform merupakan tulang paling kecil dari telapak (karpal).

Tulang lunate yang berartikulasi dengan radius. Tulang trapezium yang secara yang juga berhubungan dengan metakarpal. 

Tulang lainnya yaitu capitate yang  menghubungkan jari tengah atau telunjuk dengan metakarpal serta tulang scaphoid yang juga menghubungkan karpal dengan tulang radius. 

Untuk lebih jelasnya lihat saja gambar tulang tangan manusia dibawah ini
tulang tangan manusia 1
Tulang tangan manusia sebelah kanan (menghadap ke atas)

 

tulang tangan manusia 2
tulang tangan manusia menghadap ke bawah
 Demikianlah penjelasan tentang tulang tangan manusia. Tetap belajar biologi dan tetap semangat belajarnya. Kunci dari dari belajar biologi adalah dibaca, dibayangkan dan dianalisa.