Ekosistem: Jaring Makanan

0
81

Belajar Jaring Jaring Makanan Ekosistem

Jaring makanan adalah gabungan dari berbagai rantai makanan (Odum, 1993). Semua rantai makanan dalam suatu ekosistem tidak berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan antar rantai makanan.

Bahkan di dalam ekosistem, ketiga kelompok rantai makanan yang telah disebutkan sebelumnya pada tulisan rantai makanan juga saling berkaitan. Dengan kata lain, apabila setiap rantai makanan yang ada di dalam ekosistem disambungkan atau digabungkan menjadi rantai makanan yang kompleks, maka akan terbentuk jaring makanan.

Jaring makanan dalam suatu ekosistem dapat menggambarkan kestabilan ekosistem tersebut. Makin banyak rantai makanan dan makin besar kemungkinan terbentuknya gabungan dalam jaring makanan. Semakin besar jaring makanan yang terbentuk, maka semakin stabil pula ekosistem tersebut.

jaring makanan dalam ekosistem

Jaring Makanan

Oleh karena itu, dalam menjaga ekosistem kita dan kelestarian ekosistem, setiap kegiatan dalam pengelolaan sumber daya alam haruslah menjaga keberlangsungan dari tiap tiap rantai makanan yang ada. Diusahakan agar tidak ada yang terputus. Hilangnya satu rantai makanan dalam jaring makanan akan berakibat fatal bagi ekosistem.

Sekian artikel singkat tentang jaring jaringan makanan dalam ekosistem. Tetap belajar biologi agar anda lebih memahami apa itu ekologi dan ekosistem dan bagian bagian di dalamnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here