Relung dalam Ekosistem

0
129

Relung Dalam Ekosistem

Dalam mempelajari tentang ekosistem, relung dan habitat selalu muncul. Relung atau niche tidak dapat dipisahkan dari kajian habitat suatu ekosistem atau populasi serta individu didalamnya. 

Relung (Niche) menurut Heddy (1986), menunjukkan peranan fungsional dan posisi suatu organisme dalam ekosistem. Resosoedarmo dkk., (1986) berpendapat bahwa relung adalah posisi atau status organisme dalam suatu komunitas atau ekosistem tertentu.

Relung suatu organisme ditentukan oleh tempat hidupnya (habitat) dan oleh berbagai fungsi yang dikerjakannya. Dapat dikatakan, bahwa relung adalah profesi organisme dalam habitatnya.

Profesi organisme menunjukkan fungsi organisme dalam habitatnya. Seperti yang kita ketahui, berbagai organisme dapat hidup pada habitat yang sama akan tetapi apabila 2 atau lebih organisme berbeda menempati relung yang sama dalam satu habitat akan terjadi persaingan. Makin besar kesamaan dalam relung dari tiap organisme pada suatu habitat maka semakin besar pula persaingan yang ada.

ekosistem

Demikianlah artikel tentang relung dalam ekosistem. Tetap belajar biologi yah. Karena biologi itu menarik. 

Tetap semangat dan baca juga artikel terkait dibawah ini.