Pankreas dan Fungsi Pankreas

0
116

Apa itu Pankreas

Pankreas | Organ yang berupa kelenjar salah satunya adalah pankreas . Lebih tepatnya, pankreas adalah gabungan antara dua organ yaitu jaringan pankreas dan pulau-pulau langerhans. Fungsi dari kedua organ pankreas ini berbeda sama sekali. Pankreas masuk dalam bagian kelenjar kelenjar yang berhubungan/bertalian dengan saluran pencernaan. 

Organ penyusun pankreas yaitu jaringan pankreas serta pulau-pulau langerhans memiliki fungsi berbeda. Fungsi jaringan pankreas memproduksi cairan pankreas, yang mengandung beberapa enzim pencernaan yang dialirkan ke duodenum.

Fungsi pulau langerhans pada pankreas pada bagian endokrinnya memproduksi hormon yang berperan penting dalam pengaturan metabolisme karbohidrat.

Pankreas adalah kelenjar yang memiliki saluran interkalar yang panjang. Saluran tersebut membawa ke saluran sekresi tanpa pengaruh dari bagian sekresinya.

Alveolus pada pankreas lebih pendek dan lebih bulat dari pada alveolus dari parotis dan tersusun dari sel sel piramidal yang terletak diatas membran dasar.

Bagian basal dari sel tampaknya basofil dan bagian puncak ditandai oleh adanya granula zimogen. Jumlah granula zimogen yang ada tergantung dengan fungsi sel.

Salah satu sifat unik dan khas dari alveolus pankreas adalah adanya satu atau lebih sel epitel kecil terletak di dalam kontak dengan puncak sel sel sekresi. Sel epitel tersebut adalah sel sel sentro-alveoler.

Meskipun dulunya fungsi sel sentroalveoler ini tidak diketahui, sekarang telah dikenal sebagai lanjutan dari epitel saluran interkalar yang telah dialihkan pada asinus lebih sebagai suatu penonjolan daripada langsung ke dalam lumen.

Pankreas dan Fungsi Pankreas
Pankreas terlihat berhubungan dengan organ pencernaan dan sel sel pada pulau pulau langerhans pankreas
 

Suplai darah dan saraf pada pankreas

Suplai darah kepada pankreas terutama berasal dari arteri-arteri pankreatikoduodenal superior dan inferior dan juga dari cabang-cabang arteri limpa. Arteri pada pankreas sama dengan arteri pada kelenjar ludah, yaitu berjalan dalam septa jaringan penyambung untuk berakhir dalam kapiler di antara asinus dan pulau pulau langerhans.

Vena vena yang sesuai mengembalikan darahnya ke vena mesenteria superior dan vena portal. Saraf-saraf yang mensuplai pankreas, berasal dari saraf-saraf splanchnik dan vagus.

Ciri ciri atau struktur sel asinus pada pankreas

Bagian basal sel asinus mengandung sistem retikuler endoplasma yang luas yang menunjukkan sisterna sejajar yang penuh dengan ribosom. Dalam sel asinus terdapat ribosom dalam jumlah banyak.

Zat basofil secara bebas bersesuaian dengan RE dan ribosom dalam sel asinus yang terlihat pada bagian basal sel asinus. Hal ini dapat anda lihat cukup pada mikrosop optik x400. Dalam sel asinus, mitokondria tidak begitu banyak, akan tetapi jelas terlihat dan mengandung banyak butiran dalam matriks antar krista mitokondria sel asinus.

Badan golgi terletak dalam posisi supranuklear yang terdiri atas membran, vakuola dan sinus. Banyak dari vakuola sel asinus mengandung bahan homogen padat, yang merupakan pemula dari zimogen. Butiran butiran zimogen yang terletak di daerah distal sel asinus, terlihat padat dan terbungkus membran.

Ciri ciri atau struktur pulau-pulau langerhans | Apa itu Pulau pulau langerhans

Pulau-pulau langerhans adalah kumpulan sel sel yang lahir sebagai pertumbuhan keluar dari dinding saluran pankreas sewaktu kehidupan embrional. Walaupun pulau pulau langerhans terkait dengan saluran pankreas, mereka tidak mengeluarkan sekresi ke dalam tubula pankreas.

Pulau pulau langerhans mengeluarkan sekresinya melalui gulungan tali tali yang beranastomose dari sel yang tertembus oleh anyaman kapiler.

Pulau pulau langerhans dalam preparat hematoksilin dan eosin, terlihat seperti kumpulan sel sel berbentuk bola yang berwarna pucat yang tersusun dalam bentuk tali tali yang beranastomosis.

Diantara tali tali tersebut terdapat banyak kapiler darah. Dinding pembuluh darah ini memiliki kontak erat dengan sel sel penyusun tali tali tersebut, suatu susunan yang mempermudah pertukaran sekresi antara sel sel pembuluh, yang dikelilingi oleh membran dasar yang lebih tipis daripada dalam eksokrin pankreas.

Pulau pulau Langerhans pada pankreas  memiliki tiga macam sel penyusun yaitu sel alfa (sel-A), sel beta atau sel-B, sel delta atau sel-D. Beberapa buku menyebutkan sel penyusun lain yaitu sel-C yang memiliki sitoplasma pucat, sedikit organel dan tidak mengandung butiran-butiran sekresi.

Pankreas dan Fungsi Pankreas
Preparat pulau pulau langerhans dan sel asinus pada pankreas

 

Sel sel penyusun pulau pulau langerhans pankreas
Sel sel penyusun pulau pulau langerhans pankreas

 Fungsi Pankreas

Pankreas kita ketahui merupakan organ yang memiliki jaringan kelenjar eksokrin dan endokrin. Kelenjar eksokrin pada pankreas berfungsi mengeluarkan sekresi cairan alkalin, cairan pankreas.

Cairan pankreas mengandung protease-protease seperti tripsin yang memecah protein menjadi asam amino; amilase yang mengubah zat pati menjadi maltose; dan lipase yang menghidrolisis lemak lemak netral menjadi gliserol dan asam asam lemak. Sekresinya diatur oleh hormon yang dilepas oleh usus ketika masuk makanan (chyme) ke dalam duodenum.

Sekretin contohnya mengatur jumlah cairan penyangga yang dilepas oleh jaringan eksokrin pankreas; hormon yang lainnya pankreozimin-kolesistokinin mengatur kadar enzim cairannya. Cairan pankreas dilepas ke dalam duodenum dimana mengalir ke chyme yang asama ketika cairan pankreas masuk ke dalam usus kecil dari lambung dan melanjutkan proses pencernaan enzimatik dari makromolekul yang terkandung dalam chyme tadi.

Bila anda menyimak, fungsi pankreas adalah membantu  dalam proses pencernaan dengan mensekreksikan cairan pankreas yang mengandung protease-protease yang akan melakukan pencernaan enzimatik.

Fungsi pankreas berdasarkan paragraf diatas adalah membantu menurunkan tingkat keasaman chyme atau menaikkan pH chyme (zat makanan dalam lambung) yang akan masuk ke usus (harus dalam kondisi netral).

Fungsi pankreas yang lain berhubungan dengan peranannya sebagai kelenjar endokrin. Fungsi pankreas ini dijalankan oleh pulau pulau langerhans pada pankreas.

Sel beta pada pulau pulau langerhans berfungsi dalam sekresi insulin. Insulin merangsang penyerapan glukosa oleh kebanyakan sel sel dan memungkinkan sel sel seperti hati, ginjal, dan otot untuk menyimpan glukosa dalam bentuk glikogen. Sel alfa pada pankreas berfungsi dalam mensekresi glukagon.

Kerja hormon glukagon berlawanan dengan kerja insulin (antagonis). Glukagon yang diproduksi pankreas merangsang produksi glukosa secara glukoneogenesis dan glikolisis dalam hati dan bertanggung jawab untuk memelihara tingkat normal kadar gula darah selama berpuasa. Insulin merangsang sintesis lemak (lipogenesis) sedangkan glukagon merangsang pembongkaran lemak (lipolisis). 

Dengan demikian dapat kita rangkung fungsi pankreas adalah sebagai berikut:

– Sebagai  kelenjar eksokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat zat tertentu tanpa melalui pembuluh darah

– Sebagai kelenjar endokrin atau kelenjar yang mensekresikan zat zat tertentu melalui pembuluh darah

– Menghasilkan cairan pankreas yang berperan dalam proses pencernaan dalam saluran pencernaan

– Berperan dalam menjaga keseimbangan kadar gula tubuh.

– Berperan dalam menjaga keseimbangan lemak dalam tubuh

– Berperan dalam metabolisme baik itu anabolisme maupun katabolisme gula dan bentuk lainnya

– Berperan dalam metabolisme lemak

– Menghasilkan berbagai protease seperti tripsin, amilase dan lipase yang membantu dalam proses pencernaan

Sekian penjelasan tentang Pankreas dan berbagai fungsi pankreas, saya berharap dengan materi ini, anda dapat lebih memahami pankreas dan fungsi pankreas lebih mendalam. Sekian dan terima kasih, share dan like yah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here