Metamorfosis Capung: Metamorfosis Tidak Sempurna

0
204

Belajar Metamorfosis Capung

Metamorfosis capung| Selamat pagi, Metamorfosis arti singkatnya adalah perubahan bentuk larva menjadi bentuk dewasa. Metamorfosis kali ini membahas tentang metamorfosis capung.

Capung termasuk dalam bangsa Odonata. Habitat capung adalah berada didekat air dikarenakan salah satu fase hidupnya membutuhkan perairan, umumnya danau atau air yang tenang, tempat bertelur dan menghabiskan masa pra-dewasa.

Metarmofosis capung termasuk dalam metamorfosis tidak sempurna. Hal ini karena tidak melewati fase atau tahap pupa dalam proses metamorfosisnya. Mari simak metamorfosis capung dibawah ini beserta skemanya:

 

metamorfosis capung tidak sempurna
skema sederhana metamorfosis  capung.

 

Telur – Larva/Nimfa – Capung muda – Capung Dewasa
 

Jantan dan betina capung akan kawin saat terbang diudara. Setelah terjadi pembuahan, telur akan terbentuk, dan setelah itu telur akan diletakkan di air atau pada tanaman yang pas.

Setelah telur capung menetas yang biasanya memakan waktu sekitar satu minggu, terbentuklah larva yaitu nimfa. Nimfa capung cukup unik karena berbentuk seperti alien. Nimfa capung memiliki ciri yaitu belum bersayap, dan terlihat seperti laba-laba berkaki enam. Capung menghabiskan sebagian besar waktunya dalam bentuk nimfa dalam siklus metamorfosisnya.

Nimfa capung melalui beberapa kali instar yang tentunya terjadi pelepasan eksoskeleton atau pergantian kulit.

Pergantian kulit atau eksoskeleton ini dapat terjadi sebanyak 12 kali yang merupakan tanda terjadinya pertambahan ukuran tubuh. Nimfa capung bernapas menggunakan insang yang terletak pada abdomennya. 

metamorfosis capung tidak sempurna
tahap metamorfosis capung dari telur hingga capung dewasa. Merupakan metamorfosis tidak sempurna

Setelah mencapai tahap akhir, nimfa naik ke permukaan atau daratan kemudian mencari tumbuhan yang cocok lalu melakukan pergantian kulitnya yang terakhir.

Proses pergantian yang terakhir ini merubah bentuk nimfa menjadi capung dewasa akan tetapi belum lengkap yang berlangsung selama beberapa menit saja (meninggalkan exuvia, bekas nimfa sebelumnya).

Pada tahap ini  capung sangatlah tidak berdaya, menjadi mangsa untuk aves dan insektivora lainnya. 

metamorfosis capung metamorfosis tidak sempurna
Tahap akhir metamorfosis capung meninggalkan exuvia

Capung yang belum dewasa sepenuhnya ini memiliki sayap yang belum terkembang dan kepala dan thoraks telah terlihat pembagiannya, tubuh yang masih lunak dan warna tubuh yang belum sempurna.

Kemudian, cairan seperti darah dari tubuhnya akan dialirkan ke sayapnya yang akan mengibarkan, selama proses ini, sayap akan dikeringkan.

Capung tidak akan dapat terbang hingga sayapnya kering kemudian setelah kering akan selalu berusaha mencari sinar matahari yang panas sehingga tubuh nya dapat mengeras dan terjadi perubahan warna sehingga membentuk capung yang dewasa (fully mature).

Demikianlah penjelasan tentang metamorfosis capung yang tidak sempurna ini. Baca juga tulisan lain tentang metamorfosis ini. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here