Sejarah dan Penyebaran Manusia Purba Homo erectus

0
183

Sejarah Penyebaran Manusia Purba Homo Erekctus

Homo Erectus| Ini merupakan salah satu anggota genus homo. Homo erectus diperkirakan muncul sekitar 1,8 juta tahun dan 300 ribu tahun lalu. Lalu dimana homo erectus pertama muncul. Homo erectus yang pertama berevolusi di Afrika Timur. Bukti yang ada adalah banyaknya ditemukan hominids awal  yang ditemukan di Afrika Timur berumur 1,8 juta tahun lalu seperti Turkana di Timur Turkana dan beberapa situs di Afrika Timur.

Akan tetapi masih terdapat beberapa keraguan seperti ditemukannya fosil Homo Erectus berumur 1,8 juta tahun di sekitar Asia Tenggara seperti Indonesia dan di Eropa Tenggara. Walaupun begitu, diperkirakan memang betul H. Erectus muncul pertama kali di Afrika timur dan dengan cepat menyebar atau bermigrasi ke beberapa kontinent sekitarnya.

Berikut beberapa situs penemuan Homo Erectus yang mendukung hipotesis diatas:

1. Penemuan fosil hampir utuh di Turkana Timur berumur 1,8 Juta Tahun yang merupakan spesimen tertua yang ditemukan. Ukuran otak sekitar 848 cm kubik, kemudian ditemukan juga fosil homo erectus di tempat yang sama dengan cranium terkecil sekitar 691 cm kubik berumur 1,5 juta tahun. 

2. Di Olduvai gorge ditemukan fosil homo erectus oleh Louis Leakey tahun 1960 yang berumur 1,4 juta tahun.

Penyebaran Homo Erectus

Morfologi Homo Erectus

3. Kamoya Kimeua menemukan fosil homo erectus tahun 1984 di danau Turkana, serta ditempat yang sama juga ditemukan fosil yang dapat dikatakan paling lengkap yang dikenal dengan WT 15000 yang berumur 1,6 juta tahun.

4. Dua situs di Ethiopia juga menemukan fosil Homo erectus yang memiliki bentuk cranium lebih mirip ke penemuan Homo erectus di Asia Tenggara.

Menurut Buku Paleanthropology/ Fossil Hominins, bahwa penyebaran Homo erectus pertama kali dari Afrika Timur Ke Eropa di Republic Of Georgia sesuai yang ditemukan pada situs Dmanisi yang ditemukan fosil berumur 1,8-1,7 juta tahun lalu.

Penyebaran ini sepertinya bukan hanya satu arah akan tetapi ke arah lain yaitu Asia tenggara Indonesia, dengan ditemukannya fosil H.erectus di situs Sangiran dan lainnya di pulau Jawa yang berumur 1,6 Juta tahun. Beberapa penemuan lain menunjukkan bahwa terjadi persebaran di wilayah Cina dan Italia akan tetapi masih diperdebatkan oleh para ahli.

Beberapa ahli menamai fosil Homo dari Afrika Timur berbeda spesies dengan fosil yang ditemukan di Indonesia, oleh karena itu untuk fosil dari Afrika dinamakan Homo ergaster berdasarkan otaknya yang lebih kecil dari Homo erectus di Jawa.

Berikut ilustrasi penyebaran homo erectus 

Penyebaran Homo Erectus
Gambar Penyebaran Homo Erectus