Manfaat Biologi dan Mempelajarinya

1
207

Manfaat Biologi

Manfaat Biologi- Kali ini akan dijelaskan tentang manfaat ilmu biologi, manfaat mempelajari biologi sekaligus manfaat biologi diberbagai bidang kehidupan seperti industri, pertanian, peternakan, kedokteran, farmasi. Mari belajarbiologi.

Manfaat biologi | Dengan berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan lainnya yang menyebabkan perkembangan ilmu biologi dan pengetahuan tentang makhluk hidup kita serta peningkatan terhadap pemahaman lingkungan sekitar, ilmu biologi memberikan banyak manfaat serta sumbangan terhadap kemajuan masyarakat.

Manfaat biologi tersebut bukan hanya manfaat dalam mempelajarinya akan tetapi manfaat yang lebih nyata dan aplikatif tentunya terutama diberbagai bidang seperti bidang pertanian, peternakan, kedokteran, industri, kesehatan, farmasi. Berikut penjelasan ringkas tentang manfaat biologi dalam kehidupan kita khususnya diberbagai bidang bidang masyarakat.

Manfaat Biologi dalam Bidang Pertanian

Manfaat biologi dalam pertanian – Jumlah penduduk semakin meningkat. Hal ini harus disertai dengan peningkatan produksi pangan. Biologi telah memberikan sumbangan terhadap usaha peningkatan produksi pangan.

Manfaat biologi dalam bidang pertanian ini tentunya sangat dibutuhkan dikarenakan pertumbuhan penduduk yang cukup cepat sehingga harus diimbangi dengan produksi pangan yang cepat juga agar tidak terjadi kelaparan dan peningkatan harga barang yang tinggi akibat kelangkaan. Beberapa contoh pemanfaatan biologi dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut:

  1. Beberapa abad sebelumnya para petani hanya bercocok tanam baik itu pertanian maupun perkebunan secara tradisional. Akan tetapi dengan berkembangnya pengetahuan tentang bibit unggul, pola pemupukan serta penggunaan pestisida organik, para petani mampu meningkatkan jumlah produksinya untuk setiap areal daerah tanam yang ada. Bahkan mempercepat waktu panen yang dulunya hanya mampu panen 1-2 kali untuk setiap tahunnya, sekarang telah dapat 3 kali untuk setiap tahunnya. Tentu saja, ini merupakan manfaat biologi dan kombinasi dari ilmu lainnya khususnya ilmu pertanian.

  2. Manfaat biologi dalam bidang pertanian salah satunya lagi adalah rekayasa genetik. Melalui perkembangan bioteknologi dan biologi molekuler, para ahli biologi telah berhasil mengembangkan rekaya genetika untuk tanaman khususnya tanaman yang dikonsumsi oleh manusia. Pengaplikasian yang sudah berhasil dilakukan adalah terciptanya tanaman budidaya yang mampu menghasilkan insektisida sendiri, sehingga tanaman tersebut tidak perlu disemprot insektisida. Contoh jenis tanaman pangan yang telah berhasil direkayasa dengan tujuan tersebut adalah tanaman buah, apel, pir, kol/kubis, brokoli, dan kentang. Dengan adanya rekayasa  genetik, memang terdapat kerugian di dalamnya yaitu hilangnya plasma nutfah dikarenakan tersingkir dari pilihan masyarakat, akan tetapi, satu masalah besar yaitu kebutuhan akan makanan dapat terpenuhi.

  3. Selain itu, manfaat biologi yang tidak kalah pentingnya dalam bidang pertanian adalah teknik kultur jaringan. Teknik ini menggadakan tanaman dalam waktu singkat dan praktis sehingga mampu meningkatkan produksi bibit dan perbanyakan tanaman. Dengan menggunakan satu tanamaan unggul secara hasil dan genetik dan sehat mampu dihasilkan berjuta juta tanaman yang sama sifatnya sehingga pertanian akan terjamin hasilnya mampu memberikan kebaikan untuk masyarakat dan perekenomian. Hal ini juga mempersingkat waktu dalam pembibitan dikarenakan tanaman yang ditanam sudah berbentuk tanaman lengkap, tinggal ditumbuhkan untuk panen.

  4. Selain itu, yang tidak kalah penting manfaatnya adalah pemahaman terhadap genetika makhluk hidup membuat pertanian semakin maju. Varietas tanaman baru yang lebih unggul dan lebih superior dari tanaman sebelumnya dapat dihasilkan dengan adanya ilmu genetika. Bagaimana? Perlu anda ketahui manfaat biologi di bidang pertanian yang dijelaskan diatas masih merupakan gambaran besar, masih banyak manfaat biologi lainnya dalam bidang pertanian yang telah teraplikasikan hingga sekarang.

Manfaat biologi dalam bidang peternakan

Manfaat biologi dalam bidang peternakan – Salah satu hal yang penting sebagai sumber makanan dan gizi/nutrisi bagi manusia adalah peternakan.

Sehubungan dengan peningkatan jumlah penduduk dan kebutuhannya terhadap makanan bergizi dan berprotein, pengetahuan ilmu biologi sangat dibutuhkan manfaatnya dalam bidang ini, khususnya dibagian produksi hewan ternak dan rekayasa genetik (Walaupun masih terlarang dibutuhkan tapi telah banyak dilakukan riset untuk ini). Berikut beberapa manfaat biologi dalam bidang peternakan:

  1. Dalam biologi terbagi menjadi beberapa pengkhususan ilmu dan beberapa bagian tersebut berperan dalam bidang peternakan seperti anatomi hewan, fisiologi hewan genetika, dan embriologi hewan. Dengan mendalami beberapa ilmu tersebut, sekarang ini telah diaplikasikan secara besar besar apa yang disebut inseminasi buatan. Inseminasi buatan adalah cara yang digunakan para peternak dalam meningkatkan jumlah ternak yang dimilikinya dengan membuahi betina menggunakan alat suntik yang telah diisikan sperma jantan. Dengan ini, sapi sapi betina dapat hamil tanpa membutuhkan proses perkawinan secara yang biasanya sehingga mempercepat masa kehamilan sapi, serta kita dapat memilih menentukan jantan yang unggul untuk sapi tersebut.
  2. Selain itu teknik inseminasi buatan, dewasa ini telah dikembangkan juga teknik fertilisasi in vitro.
  3. Selain itu, pembuatan silase yang merupakan makanan atau pakan sapi dan ternak lainnya yang dihasilkan dari fermentasi tanaman atau bahan lain yang tinggi selulase sehingga meningkatkan kandungan protein yang dimilikinya yang membuat sapi sapi dan hewan ternak  bobotnya mampu meningkat cepat.
  4. Dengan ditemukannya vaksin dan antibodi serta prebiotik, kesehatan hewan ternak dapat lebih ditingkatkan
  5. Selain itu, manfaat biologi dalam bidang peternakan masih dalam pengembangan berada dibagian genetika dan biologi molekuler. Berbagai hewan ternak yang telah direkayasa secara genetika baik secara langsung ataupun tidak (menggunakan sistem kawin silang) untuk menemukan ras ras yang unggul dalam bidang tertentu, seperti untuk ayam  pedaging yang khusus untuk daging saja, maka selain digunakan obat obatan dan hormon, juga digunakan ras ayam yang memang lebih cepat dalam proses pertumbuhan dagingnya.

Manfaat Biologi dalam bidang kedokteran

Biologi memberikan manfaat besar terhadap kemajuan ilmu kedokteran, terutama pengananan terhadap masalah penyakit. Berikut beberapa contoh manfaat biologi dalam bidang kedokteran:

  1. Transplatasi (pencangkokan) organ telah dapat dilakukan dalam ilmu kedokteran. Walaupun memang manfaat ini bukan semata manfaat biologi saja akan tetapi gabungan dari beberapa ilmu, akan tetapi dengan mempelajari biologi khususnya anatomi manusia, anatomi hewan, dan fisiologi hewan, kita mampu memecahkan misteri dari penggantian organ yang telah rusak, dan pengetahuan tentang penolakan tubuh terhadap organ yang tidak match (cocok) dapat kita tekan menggunakan obat penekan sistem imun.
  2. Virologi adalah salah satu cabang ilmu biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari dan meneliti virus, suatu peralihan makhluk hidup (walaupun beberapa ahli ada yang menganggapnya sebagai makhluk hidup). Virologi berperan penting dalam berbagai penyakit yang dialami manusia contohnya saja H5N1 yang nama lainnya adalah virus flu burung. Untuk ditemukan vaksinnya diperlukan pengetahuan tentang virus ini sehingga para dokter dapat melakukan penanganan yang tepat.

  3. Teknik Bayi tabung. Dalam ilmu biologi khususnya embriologi, dijelaskan tentang embrio hewan hewan dan manusia. Pengetahuan tersebut yang digabungkan dengan banyak percobaan dan eksperimen telah menghasilkan teknik bayi tabung. Manfaat biologi yang satu ini membuat para pasangan yang sulit hamil atau bahkan kasus tertentu ingin hamil tapi steril dapat memiliki anak. Dengan adanya tenik bayi tabung, jenis kelamin anak dapat ditentukan hingga 90 % karena sebelum dibuahi, sperma dan ovum yang akan melakukan fusi diseleksi mulai dari kromosomnya, dan lebih lanjut pada kondisi genetisnya. Setelah membentuk zigot (masih in vitro), pada tahap morula, zigot akan dimasukkan kedalam rahim ibu, atau rahim ibu angkat untuk menjadi bayi yang sempurna.

  4. Mikrobiologi kedokteran. Pengetahuan mikrobiologi yang berkembang sangat cepat membuat manfaat biologi semakin terasa. Manfaat biologi dalam bidang kedokteran pada bagian mikrobiologinya adalah penanganan terhadap penyakit penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan organisme mikro lainnya yang lebih efektif, dan penggunaan antibiotik yang merupakan hasil atau produk dari mikroorganisme pada umumnya.

Manfaat biologi dalam bidang industri

  1. Kalian pasti tahu bioteknologi. Dalam bidang industri, ilmu biologi sungguh telah terasa khususnya yang namanya bioteknologi. Penggunaan organisme hidup dalam industri membuka lahan baru bagi tenaga kerja, wiraswasta dan banyak lagi dan meningkatkan pangan yang ada.  Contohnya saja, industri susu yang menggunakan teknik pasteurisasi sehingga susu segar dari sapi dapat diminum dan tetap terjaga kebersihannya walaupun telah lama disimpan (masih tertutup). Kemudian industri yoghurt yang menggunakan bakteri dan teknik fermentasi dalam pembuatannya, industri kecap, industri manisan dan banyak lagi industri lainnya yang sekarang ini menggunakan bioteknologi dikarenakan lebih ramah, hemat dan sehat bagi konsumen.

  2. Dibagian industri kesehatan, obat- obatan (Farmasi) dan khususnya antibiotik, biologi sangat bermanfaat. Khususnya pertama kalinya ditemukan bahwa mikroorganisme mampu menghasilkan senyawa anti kehidupan atau mampu membunuh organisme disekitarnya yang sekarang ini disebut antibiotik. Dengan pengetahuan ini terciptalah penisilin, dan banyak lagi obat obatan lainnya yang diproduksi dari mikrooganisme.  Dan bahkan vitamin vitamin yang sering ada minum, beberapa produk dipasaran dikembangkan dari produk mikroorganisme.

    manfaat biologi dan manfaat mempelajari biologi
    Manfaat Biologi

Lalu bagaimana dengan manfaat mempelajari biologi

Berikut beberapa manfaat mempelajari biologi menurut saya:

  1. Kita sebagai manusia lebih menyadari dan bersyukur bahwa kita diciptakan di Dunia ini dengan penuh kesempurnaan dan juga penuh kelemahan. Pemahaman kita terhadap anatomi, fisiologi dan ilmu perbandingan hewan dan makhluk hidup membuat kita lebih paham terhadap siapa sebenarnya kita di muka bumi ini.

  2. Penghargaan kita terhadap lingkungan sekitar lebih baik lagi apalagi setelah mendalami dan memahami tentang ekologi

  3. Pengetahuan kita tentang asal usul kehidupan lebih mendalam dan membuat kita lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Dan masih banyak lagi manfaat biologi lainnya dan manfaat dalam mempelajarinya. Demikianlah artikel tentang manfaat biologi dan manfaat mempelajarinya. Baca juga tulisan tentang apa itu biologi cabang cabang ilmu biologi berikut. Mari belajar biologi

Comments are closed.